Senin, 20 Jan 2020 12:39 WIB

Meski Kadang Down, WhatsApp Jadi Aplikasi Non-Google Paling Banyak Diunduh

Agus Tri Haryanto - detikInet
Meski Kadang Down, WhatsApp Jadi Aplikasi Non-Google Paling Banyak Diunduh. Foto: Irna Prihandini/detikINET
Jakarta - Meski terkadang error seperti kejadian WhatsApp down akhir pekan kemarin (19/1), WhatsApp tetap diminati pengguna smartphone. Terbukti, WhatsApp menjadi aplikasi Android non-Google yang angka installnya mencapai lima miliar.

Di luar itu, hanya segelintir aplikasi Android yang diinstal hingga menyentuh lima miliar kali. Sebelumnya, pencapaian ini sudah lebih dulu diraih aplikasi-aplikasi Google. Namun itu karena memang sudah tersedia secara pre-installed di smartphone Android.



Selain itu, Facebook juga berada di level ini. Pencapaian tersebut diraih Facebook di tahun lalu. Jadi tidak heran kalau kali ini giliran WhatsApp yang tak lain adalah bagian dari 'kerajaan' grup Facebook.

Dikutip dari Android Police, Senin (20/1/2020), seperti kebanyakan aplikasi Android, jumlah ini tidak hanya mencakup unduhan dari Play Store, tetapi juga berkat dari pre-installed di smartphone.

Aplikasi WhatsApp sudah terpasang di ponsel-ponsel merek Samsung, Huawei, dan ponsel Android lainnya saat penjualan produk tersebut ke pasaran.

Berdasarkan laporan Sensor Tower terkait pengunduhan aplikasi sepanjang 2019, terlihat bahwa WhatsApp masih paling banyak diburu. WhatsApp masih mempertahankan posisinya sebagai nomor satu. Facebook, Messenger dan Instagram juga turut masuk dalam lima besar.



Adapun WhatsApp kini memiliki lebih dari 1,6 miliar pengguna aktif bulanan yang tersebar di seluruh dunia. Angka itu menempatkannya di depan Facebook Messenger dan WeChat.

Simak Video "Warganet di Twitter Mengeluh soal #whatsappdown"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)