Rabu, 18 Des 2019 07:11 WIB

Fitur WhatsApp Paling Disukai yang Rilis di 2019

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: Justin Sullivan/Getty Images Foto: Justin Sullivan/Getty Images
Jakarta - Boleh dibilang, 2019 adalah tahun besar bagi WhatsApp. Sejumlah update mayor dirilis untuk memperkaya pengalaman pengguna. Semakin lengkap, semua ada di WhatsApp.

Aplikasi pesan instant milik Facebook ini secara bertahap rajin menambah fitur baru sesuai kebutuhan penggunanya. Ini juga jadi salah satu alasan WhatsApp jadi aplikasi pesan instan paling populer.



Di antara sejumlah update fitur yang dirilis WhatsApp sepanjang 2019, berikut ini adalah beberapa di antaranya yang paling disukai dan disambut baik para penggunanya. Apa saja?


Berbagi Status ke ke Facebook dan Instagram

Para pengguna WhatsApp pasti tahu kalau WhatsApp punya fitur Status yang mirip Instagram Story. Fitur ini memungkinkan pengguna berbagi foto, video dan GIF animasi ke profilnya, dan postingan ini akan terhapus setelah 24 jam.

Nah, di tahun ini WhatsApp telah merilis fitur yang bisa membagikan WhatsApp Status ke Facebook Story dan Instagram Stories atau Instagram feed. Tak hanya bisa dibagikan ke Facebook dan Instagram yang masih satu atap, WhatsApp Status juga bisa dibagi ke aplikasi lain yaitu Gmail, Google Photos, Twitter dan Telegram.


Pengaman Sidik Jari

Pengaman sidik jari membantu pengguna mengamankan chatnya dari intipan orang usil. Fitur tersebut dinamai Fingerprint Lock alias kunci sidik jari, yang kini sudah resmi dirilis untuk perangkat Android dan iOS.

Pastikan ponselmu sudah mendukung fitur sidik jari, karena untuk bisa mengaktifkan fitur ini kamu harus melakukan setting di ponsel terlebih dahulu. Sebagai tambahan, ketika kamu sudah mengaktifkan fitur ini, meski WhatsApp dalam keadaan terkunci, pengguna tetap bisa menerima panggilan video atau telepon di aplikasinya.


Pembatasan Forward

WhatsApp memutuskan untuk membatasi para penggunanya meneruskan atau forward sebuah pesan hanya sebanyak 5 kali. Pembatasan ini berlaku di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Sebelumnya, user WhatsApp dapat meneruskan pesan sampai ke 20 kontak. Aturan pembatasan forward hanya kepada 5 kontak ini merupakan langkah WhatsApp mencegah peredaran hoax di layanan chat miliknya.


Pengaturan Grup

Barangkali ini adalah fitur paling disukai para pengguna WhatsApp. Dengan adanya fitur pengaturan grup, orang lain tak bisa asal memasukkan kamu dalam sebuah grup WhatsApp.


Upaya ini adalah bagian dari komitmen Faceboook untuk memerangi misinformasi dan memberikan wewenang user untuk melakukan pengaturan privasi, sehingga pengguna dapat menentukan siapa yang bisa bergabung ke dalam grup percakapan di WhatsApp.

Simak Video "WhatsApp Bakal Bisa Diakses di Berbagai Perangkat dengan Mudah"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)