Jumat, 29 Nov 2019 10:00 WIB

Twitter Mulai Kirim Pesan 'Ancaman' ke Pengguna Tak Aktif

Josina - detikInet
ilustrasi twitter. Foto: Reuters/Kacper Pempel ilustrasi twitter. Foto: Reuters/Kacper Pempel
Jakarta - Pada beberapa hari lalu, Twitter memberikan sebuah pengumuman peringatan di mana pada tanggal 11 Desember mendatang, mereka akan menghapus akun-akun yang sudah lama tidak aktif.

Akun-akun tersebut akan dihapus apabila pengguna sudah lagi tidak melakukan sign in lebih dari 6 bulan.

"Sebagai bagian dari komitmen kami melayani percakapan publik, kami melakukan bersih-bersih akun yang tidak aktif untuk menampilkan orang-orang dan informasi lebih akurat yang bisa dipercaya pengguna. Bagian dari upaya ini adalah mendorong pengguna untuk secara aktif log in ke akun mereka," kata juru bicara Twitter seperti dikutip dari The Verge.


Dikatakan Twitter, mereka mulai proaktif menjangkau banyak akun yang belum log in ke Twitter selama lebih dari enam bulan untuk memberi tahu mereka, bahwa akun mereka mungkin dihapus secara permanen karena tidak aktif secara terus menerus.

Sebelum dihapus secara permanen oleh Twitter, mereka telah mengirimi pesan via email ke masing-masing pengguna, agar mereka bisa tetap mempertimbangkan apakah ingin mempertahankan akun mereka untuk aktif di Twitter.

"Halo, untuk terus menggunakan Twitter, kamu harus menyetujui ketentuan, kebijakan privasi dan penggunaan cookie saat ini. Ini tidak hanya memungkinkan kamu membuat keputusan terbaik tentang informasi yang dibagikan kepada kami tapi juga memungkinkan kamu tetap menggunakan akun Twitter. Tetapi pertama-tama, kamu harus masuk dan mengikuti petunjuk di layar sebelum tanggal 11 Desember 2019. Jika tidak maka akun kamu akan dihapus dari Twitter," tulis pesan Twitter.


Penghapusan akun ini tidak akan dilakukan secara langsung pada tanggal 11 Desember 2019 namun secara bertahap. Dan untuk akun bot dikatakan Twitter tetap tidak akan dihapus selama masih aktif log in dan memposting cuitan.

Di sisi lain, aksi bersih-bersih ini jadi kesempatan bagi kalian yang sudah lama mengincar nama akun Twitter tertentu. Karena, akun-akun ini kemungkinan tersedia untuk digunakan setelah Twitter menghapus akun lama yang tidak aktif lagi.

Simak Video "Kini Pengguna Bisa Sembunyikan Komentar Balasan di Twitter"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fyk)