Kamis, 21 Nov 2019 10:29 WIB

Apa Bedanya YouTube Music dengan Aplikasi Streaming Musik Lain?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Foto: The Verge Foto: The Verge
Jakarta - YouTube Music hadir sejak dua pekan lalu dengan sejumlah fitur unggulannya, salah satunya adalah soal pencariannya yang lebih personalize dan berbasis kecerdasan buatan.

Meski begitu, Communication Manager Google Indonesia Feliciana Wienathan mengaku tidak pernah membandingkan antara YouTube Music dengan platform lain. Namun ia sedikit membocorkan sejumlah keunggulan yang ada di YouTube Music.



Ia mengatakan, kebutuhan orang berbeda. Maka di sinilah peran kecerdasan buatan digunakan. Youtube Music bisa melakukan personalisasi pada penggunanya.

"Bagi saya ini enak banget karena saya nggak perlu cari-cari lagi, atau bikin playlist lagi mulai dari nol, jadi bisa personalize. Lewat YouTube Music app saya nggak perlu mulai dari awal, sudah ada sambungannya," ujarnya.

Pernah mendengar lagu yang kamu sukai dan kamu lupa-lupa ingat liriknya? Nah, keunggulan lain YouTube Music adalah bisa mencari lagu dengan lirik dengan asal-asalan sekalipun. Misalnya lirik lagu bahasa Inggris yang terdengar seperti 'badak dan ikan'. Saat dilakukan pencarian, akan muncul lagu sebenarnya 'Treat You Better' milik Shawn Mendes.

"Kalau saya pribadi liat dari kacamata konsumen saya suka dengar 'ah lagu apaan sih ini', kadang nyari liriknya aja ngasal bisa ketemu," kata Feliciana.



User juga bisa mencari lirik dengan voice command sehingga dengan bilang 'play Justin Timberlake' contohnya, aplikasi akan segera memutar lagu-lagu yang kalian inginkan.

Simak Video "Apa Perbedaan YouTube Music dengan Aplikasi Musik Lain?"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)