Senin, 11 Nov 2019 12:54 WIB

Instagram Perluas Uji Coba Sembunyikan Fitur Like

Josina - detikInet
Foto: Carl Court/Getty Images Foto: Carl Court/Getty Images
Jakarta - Layanan berbagi foto dan video Instagram diketahui telah menguji coba sembunyikan fitur Like pada sebuah postingan. Kanada menjadi negara pertama sebagai dalam ujicoba tersebut pada bulan April lalu.

Dilansir detikINET dari TechRadar, kini Instagram pun mulai memperluas negara dengan menambahkan enam negara yaitu Irlandia, Italia, Jepang, Brasil, Australia, dan Selandia Baru.

Dalam pengujian ini Instagram akan menyembunyikan jumlah like pada postingan foto dan video di Instagram, hanya pemilik postingan tersebutlah yang dapat melihat jumlah like yang diterima.


Tujuannya pun agar pengguna lebih fokus terhadap konten yang dibuat ketimbang harus saling berkompetisi mengejar jumlah like, bahkan dengan jumlah ini pun turut memberikan rasa depresi dan ketidaknyamanan pengguna.

"Idenya adalah mencegah depresi gara-gara Instagram, mencegah persaingan, dan memberi orang lebih banyak ruang untuk fokus dalam berhubungan dengan orang yang mereka cintai dan hal-hal yang menginspirasi mereka," ujar CEO Instagram Adam Mosseri.

"Kita harus melihat bagaimana pengaruhnya terhadap perasaan orang tentang Instagram, bagaimana pengaruhnya terhadap bagaimana mereka menggunakan Instagram, bagaimana pengaruhnya terhadap ekosistem pembuat," lanjutnya.


Mosseri pun mengatakan ia mendapatkan respon baik dari pengguna ketika pengumuman pengujian ini akan digulirkan. Tapi, ada pro kontra di kalangan influencer Instagram yang kerap menggunakan jumlah like sebagai nilai jualnya.

"Kesejahteraan dan kesehatan pengguna lebih penting daripada inti Instagram, jika orang-orang mencari nafkah dari Instagram dengan melihat jumlah like yang menurun, mungkin itu akan memaksa kita untuk memikirkan kembali," tutupnya.

Simak Video "Aturan Baru! Pengguna Instagram Minimal Berusia 13 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)