Selasa, 05 Nov 2019 09:13 WIB

Fitur 'Percakapan Rahasia' Mau Sambangi Facebook Messenger

Josina - detikInet
Ilustrasi Facebook Messenger. (Foto: istimewa) Ilustrasi Facebook Messenger. (Foto: istimewa)
Jakarta - Facebook dilaporkan sedang melalukan pengujian fitur penyandian atau enkripsi end-to-end untuk panggilan video dan audio di aplikasi Messenger.

Hadirnya fitur keamanan yang dinamai 'Secret Conversation' (percakapan rahasia) ini akan mengamankan panggilan video ataupun audio pengguna agar lebih rahasia dan tidak mudah disadap oleh peretas.

"Facebook Messenger sedang menguji panggilan Video dan Audio melalui Percakapan Rahasia," tulis Jane Manchun Wong di Twitter. Jane adalah pembocor fitur-fitur anyar di aplikasi populer.




Dalam gambar yang ia unggah, menampilkan Messenger yang bertuliskan "Secret Conversation" (percakapan rahasia). Pada bagian bawahnya juga diberikan keterangan bahwa percakapan tersebut telah terenkripsi.

Untuk mengaktifkannya cukup ketuk ikon 'Pesan Baru' di sudut kanan atas Messenger dan kemudian pilih 'Rahasia'. Nantinya ikon panggilan audio dan video di sudut kanan atas akan hilang.


CEO Facebook Mark Zuckerberg memang telah berjanji akan memperbaiki plaformnya agar lebih fokus pada privasi pengguna. Fitur enkripsi ini direncanakan akan diterapkan di seluruh aplikasinya seperti Instagram, setelah lebih dulu ada di WhatsApp.

"Komunikasi pribadi orang-orang harus aman. Enkripsi end-to-end mencegah siapapun - termasuk kita - dari melihat apa yang dibagikan orang pada layanan kami," tulisnya.

Simak Video "Sekarang Bisa Bagikan Status WhatsApp ke Facebook Story Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)