Selasa, 08 Okt 2019 08:00 WIB

Fitur AR Instagram Bisa Coba Dulu Sebelum Beli

Josina - detikInet
Ilustrasi Instagram. (Foto: Shutterstock) Ilustrasi Instagram. (Foto: Shutterstock)
Jakarta - Di dunia internet kita bisa berbelanja tanpa harus datang ke toko fisiknya selain menghemat waktu tentu juga menghemat biaya ongkos, namun ada juga kekurangannya yakni pembeli tak bisa menjajal langsung barang yang akan dibeli.

Nah, di Instagram selain tempat berbagi foto namun juga dijadikan tempat bisnis jual beli online dilaporkan mereka akan menghadirkan fitur Augmented Reality (AR).

Dengan fitur tersebut pengguna bisa mencoba yang yang dijual secara virtual. Namun fitur AR ini baru sebatas pada produk kosmetik saja seperti produk kosmetik dari Marc dan Nars serta produk kacamata dari Rayban atau Warby Parker.


Dengan modal kamera depan di ponsel, layaknya pengguna ingin menggunakan efek-efek kamera seperti stiker, fitur AR ini bekerja serupa.

Misal pengguna ingin membeli lipstik, maka dengan fitur AR tersebut pengguna bisa mengira-ngira warna lipstik apa yang cocok untuk digunakan atau tidak. Lalu juga bisa menjajal kacamata yang sesuai dengan wajah.

Instagram Augmented Reality.Instagram Augmented Reality. Foto: Instagram

Instagram Augmented Reality.Instagram Augmented Reality. Foto: Instagram


Instagram pun mengatakan akan memperluas ketersediaan fitur tersebut agar bisa digunakan lebih banyak produk-produk lain.

Dilansir detikINET dari Mashable, Selasa (8/10/2019) untuk menggunakan fitur ini pengguna cukup pilih 'checkout' pada barang yang ingin dibeli lalu pilih 'try it on' untuk kemudian dicoba setelah dirasa cocok pilih 'adding to your cart'


Instagram pun berharap pengguna nantinya yang sudah mencoba fitur AR ini bisa membagikan pengalamannya di fitur Stories dengan harapan produk tersebut menjadi viral dan dapat dijangkau lebih banyak konsumen.

Instagram tampaknya ingin membantu para pelaku bisnis di platformnya untuk mempermudah mendapatkan konsumen berbebelanja. Sebelumnya diluncurkan fitur 'tagging' di mana calon pembeli bisa melihat harga dari produk yang dijual pada postingan gambar dengan cara men-tag-nya.



Simak Video "Aturan Baru! Pengguna Instagram Minimal Berusia 13 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)