Rabu, 02 Okt 2019 20:10 WIB

WhatsApp Uji Fitur Hapus Pesan Otomatis

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Justin Sullivan/Getty Images Foto: Justin Sullivan/Getty Images
Jakarta - WhatsApp disebut tengah menguji sebuah fitur baru, yaitu fitur yang bisa menghapus pesan secara otomatis.

Menurut WABetaInfo, fitur ini muncul dalam WhatsApp beta versi 2.19.275. Menurut mereka, fitur penghapus pesan otomatis ini hanya bisa dipakai di percakapan grup, dan bisa diatur untuk otomatis terhapus dalam waktu lima detik atau satu jam.

Dalam pengujian, fitur tersebut harus diaktifkan untuk semua pesan yang dikirimkan ke grup tersebut. Pengguna tak bisa memilih pesan tertentu yang ingin dihilangkan, demikian dikutip detikINET dari Engadget, Rabu (2/10/2019).

Saat nanti tersedia untuk publik, bisa saja WhatsApp melakukan perubahan terhadap fitur ini. Atau bisa saja mereka sama sekali tak merilis fitur ini ke publik, alias hanya sampai ke tahap pengujian.


Meski tersedia secara luas, fitur semacam ini bakal berguna untuk siapa pun yang menyebarkan informasi sensitif lewat grup WhatsApp. WhatsApp bukanlah layanan pengiriman pesan pertama yang mempunyai fitur semacam ini, karena Telegram sudah memiliki fitur ini sejak lama.

Beberapa waktu belakangan ini WhatsApp memang merombak fitur-fiturnya terkait keamanan dan privasi data. Salah satunya adalah enkripsi pesan yang sudah tersedia, dan mereka pun memperpanjang rentang waktu untuk menarik pesan di sebuah percakapan, menjadi 1 jam 8 menit dan 16 detik.

Sebelumnya pengguna hanya punya waktu tujuh menit untuk menarik pesannya. Meski sudah diperpanjang, WhatsApp masih kalah dibanding Telegram yang memberikan batas 48 jam untuk menghapus pesan yang sudah mereka kirimkan.

Simak Video "Huawei Mate 30 Pro Hadir dengan 4 Kamera Belakang"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)