Rabu, 02 Okt 2019 17:13 WIB

7 Aplikasi Sejenis Truecaller yang Bisa Lacak Nomor HP

Rachmatunnisa - detikInet
Halaman 1 dari 4
Foto: Internet Foto: Internet
Jakarta - Truecaller mendadak populer sejak merebaknya screenshot diduga grup WhatsApp (WA) anak STM. Aplikasi ini digunakan sejumlah netizen yang berupaya melacak nomor ponsel yang tertampil di screenshot tersebut.

Dibuat oleh developer True Software Scandinavia AB, aplikasi asal Swedia ini dapat mendeteksi caller ID, contact blocking, SMS spam blocking dan juga berfungsi sebagai dialer. Aplikasi yang dirilis pada 2009 ini tersedia untuk perangkat iOS dan Android.

Melihat fungsinya, Truecaller bukan satu-satunya aplikasi yang bisa melacak nomor ponsel. Selain Truecaller, ada sejumlah aplikasi sejenis lainnya yang punya fungsi sama. Berikut aplikasi-aplikasi tersebut, seperti dirangkum detikINET dari berbagai sumber.

7 Aplikasi Sejenis Truecaller yang Bisa Lacak Nomor HP Foto: Internet


1. Whoscall

Whoscall dikembangkan oleh Gogolook, sebuah perusahaan yang berbasis di Taiwan. Aplikasi ini mengidentifikasi panggilan tak dikenal yang masuk sehingga pengguna dapat memutuskan menerima panggilan penting dari rekan bisnis atau mengabaikan panggilan yang tidak diinginkan.

Di dalamnya terdapat fitur pengaturan nomor, pemblokiran berdasarkan nomor dan kata kunci dan database offline. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dan tersedia di platform Android dengan 10 bahasa berbeda.

Dengan mengandalkan jaringan lokal yang kuat, Whoscall melakukan pencarian melalui internet dan komunitas pengguna untuk menghasilkan konten dalam identifikasi nomor panggilan.

Whoscall masuk di dalam jajaran Aplikasi Terbaik Google Play 2013 di 8 negara Asia. Pada 2013, aplikasi ini diakuisisi oleh Naver sehingga menjadi satu naungan dengan aplikasi chat Line. (rns/rns)