Selasa, 01 Okt 2019 14:51 WIB

Google Hadirkan Aplikasi Pendeteksi Kecelakaan Mobil

Josina - detikInet
Google Pixel. Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET Google Pixel. Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta - Pengguna smartphone Google Pixel akan segera mendapatkan akses aplikasi pendeteksi kecelakaan mobil. Tapi saat ini, aplikasi besutan Google tersebut hanya berlaku untuk pengguna di Amerika Serikat.

Dilansir detikINET dari Engadget, Selasa (1/10/2019), aplikasi yang dinamai 'Personal Safe' ini sudah tersedia di Google Play Store meskipun belum ada pengumuman resminya.

Lewat deskripsinya, aplikasi ini berlaku untuk ponsel Pixel Google yang dapat membantu pengguna tetap aman berkendara dan terhubung dengan kontak darurat.


Personal Safe dibenamkan sensor gerak dan suara dari mikrofon ponsel pengguna. Jadi ketika aplikasi ini bekerja, ia akan mencari tahu apakah pengguna sedang dalam kondisi kecelakaan atau tidak.

Jika kendaraan pengguna tiba-tiba berhenti bergerak atau mencurigai ada sesuatu yang salah, maka aplikasi tersebut akan mengeluarkan bunyi alarm dengan volume maksimal dan menanyakan kepada pengguna apakah membutuhkan bantuan atau tidak.

Jika pengguna tidak merespons, aplikasi akan memanggil kontak darurat 911 dengan lokasi pengguna. Pengguna juga akan diberikan cara untuk memberi respons yang sesuai tanpa harus berbicara, cukup dengan megetuk salah satu dari tiga pilihan bantuan yaitu medis, pemadam kebakaran atau polisi.

Simak Video "Google Pengin Lebih Banyak Pekerjakan Karyawan Perempuan "
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)