Sabtu, 14 Sep 2019 12:50 WIB

Gmail dan Google Play Store di Android Resmi 'Gelap-gelapan'

Josina - detikInet
Ilustrasi Gmail. (Foto: detikINET - Irna Prihandini) Ilustrasi Gmail. (Foto: detikINET - Irna Prihandini)
Jakarta - Google memberi sentuhan dark mode atau mode gelap ke banyak aplikasinya di Android. Yang terbaru adalah Gmail dan Google Play Store, yang mulai resmi kebagian fitur tersebut

Untuk Gmail terdapat tiga pilihan untuk tampilan Gmail di antaranya Light (terang), Dark (gelap) dan Sysstem default (sesuai pengaturan awal).

Untuk mendapatkan versi ini pengguna bisa mengupdatenya pada Gmail versi 2019.08.18.267044774. Setelah Gmail, tak butuh waktu lama Google Play Store mulai digulirkan fitur dark mode.



Tampilan dark mode di Gmail.Tampilan dark mode di Gmail. Foto: Google/Android Authority


FItur tersebut pertama kali dilihat oleh Mishall Rahman Editor in Chief XDA Developers yang melihat tampilan Google Play Store-nya ada opsi dark mode, diketahui ia memiliki ponsel Pixel 2 XL-nya yang sudah menjalani sistem operasi Andorid 10.

Dilansir detikINET dari Android Authority, Sabtu (14/9/2019) Google mengadopsi warna abu-abu gelap cenderung hitam ketimbang hitam. Alasannya pengguna dengan layar OLED membuat mata lebih nyaman dan juga dapat menghemat baterai.


Tampilan dark mode di play store.Tampilan dark mode di play store. Foto: Google/Android Authority



Google mencatatkan pada tahun lalu di mana fitur mode gelap di YouTube dengan menggunakan warna abu-abu gelap dapat menghemat daya baterai hingga 60% dibandingkan dengan cahaya normal.

Adapun versi Play Store yang sudah mendukung dark mode tersebut adalah versi 16.6.25. Meski demikian Google mengatakan mode gelap pada Gmail dan Play Store akan tersedia dalam waktu yang belum ditentukan Google dan masih terbatas bagi pengguna.




Simak Video "Layanan Gmail Down, Netizen Ngeluh "
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/krs)