Kamis, 12 Sep 2019 06:50 WIB

Fitur Penting di WhatsApp agar Privasi Tidak Terganggu

Rachmatunnisa - detikInet
Halaman 1 dari 2
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Ada banyak cara menjaga kerahasiaan informasi yang kita bagikan di WhatsApp. Tetapi berbagai fitur privasi di aplikasi ini akan bekerja sempurna jika kita sendiri tahu cara menggunakannya.

Untuk kalian ketahui, WhatsApp memberikan kebebasan kepada para penggunanya untuk mengatur tingkat privasi, karena tidak seluruh aktivitas kita harus diketahui orang lain yang ada dalam daftar kontak.




Bayangkan kalau kalian sedang berlibur dan harus membuka WhatsApp. Ketika WhatsApp kalian menunjukkan status online, biasanya seketika itu juga teman-teman kantor akan 'menyerbu' dengan berbagai chat terkait pekerjaan.

Itu cuma salah satu contoh bagaimana pentingnya privasi dalam penggunaan aplikasi pesan instant, supaya kalian lebih nyaman menggunakannya. Berikut ini beberapa tips bagaimana memanfaatkan fitur privasi di WhatsApp yang perlu diketahui.


End-to-end encryption

Pertama-tama, tahukah kalian bahwa pesan yang dikirim dan diterima melalui WhatsApp hanya dapat dilihat oleh mereka yang sedang berbincang?

WhatsApp percaya bahwa seluruh pesan yang kalian kirim dan terima harus berada dalam genggaman kalian sendiri. Karena itu, WhatsApp tidak pernah menyimpan pesan di dalam server.

"Fitur end-to-end encryption menunjukkan bahwa WhatsApp maupun pihak ketiga tidak bisa membaca pesan yang dikirim melalui aplikasi ini. Enkripsi memberikan kalian privasi maksimal atas percakapan yang dilakukan dengan orang lain," tulis WhatsApp.


Terlihat Tidak 'Online'

Ada kalanya, kalian butuh waktu luang atau butuh waktu lebih lama untuk membalas pesan yang ada di aplikasi ini. Jika menghadapi situasi tersebut, yang perlu dilakukan adalah buka fitur privasi WhatsApp di aplikasi dan ikuti langkah-langkah berikut:

- Buka 'Pengaturan'
- Pilih 'Akun'
- Pilih 'Privasi'
- Nonaktifkan 'Read Receipt' atau 'Laporan Dibaca' agar tidak ada tanda yang menunjukkan bahwa kalian telah membaca pesan tersebut.





(Halaman selanjutnya: Anti Diintip)




(rns/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com