Jumat, 30 Agu 2019 18:00 WIB

CamScanner Disebut Sebar Malware, Ini 4 Aplikasi Alternatif

Virgina Maulita Putri - detikInet
CamScanner Disebut Sebar Malware, Ini 4 Aplikasi Alternatif. (Foto: Unspslah) CamScanner Disebut Sebar Malware, Ini 4 Aplikasi Alternatif. (Foto: Unspslah)
Jakarta - Camscanner, aplikasi pemindai dokumen yang sangat populer di Android diam-diam menyebarkan malware. Padahal aplikasi ini sudah di-download lebih dari 100 juta kali sejak rilis di Google Play Store pada tahun 2010.

Peneliti keamanan dari Kaspersky yang menemukan adanya trojan di aplikasi besutan pengembang CC Intelligence ini. Modul trojan tersebut dirancang untuk mengirim malware ke ponsel Android.




Pengguna aplikasi Camscanner pun dianjurkan untuk segera meng-uninstall aplikasi tersebut dari perangkatnya. Beberapa pengguna setia Camscanner pun merasa kecewa karena aplikasi favorit mereka diam-diam menyimpan bahaya.

Untuk kalian yang sudah menghapus aplikasi Camscanner dari ponsel, detikINET telah mengumpulkan empat aplikasi alternatif yang bisa kalian gunakan.

1. Adobe Scan

Aplikasi dari Adobe ini bisa kalian gunakan untuk memindai dokumen, foto, catatan, kartu nama dan masih banyak lagi. Sama seperti Camscanner, aplikasi ini memiliki fitur optical character recognition (OCR) yang dapat dengan mudah mengenali teks.

Kalian bisa dengan mudah mengedit hasil pemindaian dan menyimpannya dalam format PDF. Saat ini Adobe Scan telah diunduh lebih dari 10 juta kali dan bisa kalian download secara gratis di Google Play Store.

2. Microsoft Office Lens

Microsoft juga memiliki aplikasi yang bisa digunakan untuk memindai dokumen, whiteboard, kartu nama dan lain-lain. Dokumen yang telah di-scan juga terlihat seperti dokumen digital dan tidak terlihat seperti hasil tangkapan foto.

Microsoft Office Lens bisa menyimpan hasil scan kalian dalam berbagai format yaitu JPG, PDF, Word dan PowerPoint. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 10 juta kali dan bisa diunduh dengan gratis di Play Store.

3. Scanbot

Alternatif Camscanner lainnya adalah Scanbot. Aplikasi yang dikembangkan developer doo GmbH dari Jerman ini memiliki fitur yang cukup banyak. Kalian bisa memindai dokumen, kartu nama, whiteboard, artikel, QR code, barcode dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini juga memiliki fitur OCR yang dapat dengan mudah mengenali karakter. Kalian juga bisa memindai beberapa lembar dokumen sekaligus dan disimpan dalam satu file.

Fitur lainnya adalah kemampuan untuk mengoptimalkan hasil scan dengan pilihan hitam putih, grayscale atau berwarna dan bisa kalian simpan dengan plihan format JPG atau PDF. Aplikasi gratis ini sudah diunduh lebih dari satu juta kali di Play Store.

4. Google Drive

Siapa yang mengira jika Google Drive bisa menjadi alternatif aplikasi Camscanner? Walau lebih dikenal sebagai layanan cloud, Google Drive ternyata memiliki fitur untuk memindai dokumen.

Caranya masuk ke aplikasi Google Drive di ponsel kalian, kemudian klik tombol Plus (+) yang ada di sisi kanan bawah layar. Kemudian klik Scan dan secara otomatis kamera kalian akan aktif.

Ambil foto dokumen yang diinginkan dan jika sudah sesuai klik OK, jika belum kalian bisa klik Retry untuk mengulanginya. Jika sudah sesuai klik tombol centang yang ada di layar untuk menyimpan hasil scan di Google Drive dalam format PDF.

Simak Video "CamScanner, Aplikasi Penyebar Malware di Android"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/krs)