Rabu, 28 Agu 2019 08:36 WIB

Fitur-fitur Terbaru Telegram untuk Saingi WhatsApp

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: Carl Court/Getty Images Foto: Carl Court/Getty Images
Jakarta - Dengan lebih dari 1,5 miliar pengguna di seluruh dunia, WhatsApp jadi rajanya aplikasi pesan instant saat ini. Karenanya, tak heran banyak yang berupaya menyainginya dengan menawarkan bermacam fitur.

Persaingan itu antara lain datang dari Telegram. Sejumlah fitur baru yang ditawarkan Telegram, seperti dikutip dari Phone World, Selasa (27/8/2019), memperlihatkan bahwa aplikasi yang identik dengan ikon mainan pesawat kertas ini berupaya mengalahkan WhatsApp.




Telegram saat ini punya 200 juta pengguna. Mungkin saja jumlah penggunanya bertambah dua kali lipat dalam waktu dekat jika apa yang ditawarkannya sukses memikat pengguna baru yang berpaling dari WhatsApp.

Perusahaan yang dipimpin Pavel Durov ini membenamkan sejumlah update yang mengubah cara orang mengirim dan menerima pesan. Salah satunya adalah fitur yang memungkinkan pengguna mengirim pesan 'bisu'.

Fungsi ini berguna ketika orang yang dituju sedang rapat atau di kelas dan lupa mengubah ponselnya ke pengaturan 'silent'. Mereka tetap akan menerima notifikasi di layar ponsel seperti biasanya, namun tanpa ada suara yang bisa mengganggu.

Selain itu, Telegram juga memperkenalkan fitur Slow Mode. Fungsi dari fitur ini adalah membatasi waktu seseorang bisa membalas dalam sebuah grup chat, sehingga percakapan tidak didominasi orang tertentu.




Fitur baru lainnya adalah thumbnail video yang lebih detail. Jadi ketika seseorang mengirimkan pesan video, thumbnail pesan video akan looping sehingga si penerima sudah tahu isi video sebelum membukanya. Semua fungsi ini sudah bisa digunakan dengan mendownload versi terbaru Telegram.




Simak Video "Pesan Bisu hingga Slow Mode Jadi Fitur Terbaru Telegram"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/krs)