Jumat, 23 Agu 2019 14:42 WIB

Google Photos Bisa Pindai Teks di Gambar

Josina - detikInet
Ilustrasi Google Photos. (Foto: istimewa) Ilustrasi Google Photos. (Foto: istimewa)
Jakarta - Google Lens memiliki teknologi AI pintar yakni OCR (Optical Character Recognition). Ketika OCR bekerja, fitur ini dapat menampilkan nama dan tulisan dari sebuah gambar apapun.

Kini, fitur pada Google Lens tersebut juga tersedia di Google Photos, layanan penyimpanan foto yang punya kemampuan untuk mencari teks dalam sebuah gambar.

Dengan kemampuan ini, pengguna yang ingin mencari teks tak perlu lagi memilih foto terlebih dahulu, karena teknologi OCR akan memindainya secara otomatis dari seluruh koleksi foto pengguna.


Dilansir detiKINET dari 9to5google, fitur ini ditemukan pertama kali oleh pengguna Twitter @hunterwalk, ia mencuitkan temuannya dan membagikan beberapa gambar screenshoot yang menampilkan bagaimana tampilan fitur baru tersebut bekerja di Google Photos.




Menanggapi cuitan tersebut, Google mengatakan bahwa fitur dengan kemampuan untuk mencari foto-foto dengan teks di dalamnya akan diluncurkan bulan Agustus ini.



"Setelah Anda menemukan foto yang dicari, klik tombol Lens untuk memudahkan menyalin dan menempelkan teks," tulis Google.


Simak Video "Keren! Ayah dan Anak Buat Lamborghini dari Printer 3 Dimensi"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fyk)