Jumat, 16 Agu 2019 16:17 WIB

Instagram Punya Alat Penangkal Postingan Hoax

Agus Tri Haryanto - detikInet
Ilustrasi Instagram. Foto: Shutterstock Ilustrasi Instagram. Foto: Shutterstock
Jakarta - Maraknya peredaran informasi palsu yang menjurus ke hoax di media sosial membuat Instagram bertindak dengan menghadirkan tool khusus menangkal peredaran informasi menyesatkan tersebut.

Facebook, selaku pemilik dari Instagram, sebelumnya menggunakan teknologi pendeteksi gambar di platform berbagi konten foto dan video itu pada Mei lalu. Selain itu, juga bekerjasama dengan program pengecekan fakta pihak ketiga untuk membatasi jangkauan hoax beredar di Instagram.




"Ini adalah langkah awal upaya kami menuju pendekatan yang lebih komperhensif untuk mengatasi informasi yang salah," kata Juru Bicara Facebook, Stephanie Otway sebagaimana dilansir dari Reuters, Jumat (16/8/2019).

Bila kalian menemukan konten yang mengandung hoax, maka hanya tinggal klik tiga titik di sudut kanan atas setiap postingan. Setelah itu, pilih "it's inappropriate", lalu tekan "false information". Laporan tersebut akan ditinjau untuk ditindaklanjuti.

Untuk saat ini tool ini baru tersedia untuk pengguna Instagram di Amerika Serikat, tetapi disampaikan dalam beberapa pekan ke depan alat penangkal hoax itu akan menyebar ke semua pengguna secara global.




Adam Mosseri sang Bos Instagram juga mengungkapkan bahwa hampir setiap waktunya untuk mengurusi persoalan hoax di jejaring sosial, salah satunya di Instagram.

"Saya bangga bahwa mulai hari ini orang dapat memberi tahu kami kalau mereka menemukan postingan di Instagram yang mereka yakini salah. Masih banyak yang harus dilakukan untuk menghentikan penyebaran misinformasi, lebih banyak yang akan datang," tutur Mosseri dalam cuitannya di akun Twitter miliknya.




Simak Video "Pentingnya Ganti Kata Sandi Medsos Secara Berkala"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com