Kamis, 25 Jul 2019 14:05 WIB

Versi Offline Google Photos Dirilis, Namanya Gallery Go

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Dok. Google Foto: Dok. Google
Jakarta - Google Photos sebenarnya adalah aplikasi galeri foto yang sudah sangat baik untuk mengorganisasi, mengedit, dan menyimpan foto. Namun aplikasi itu tergantung pada koneksi internet.

Untuk itulah Google merilis Gallery Go, yang merupakan Photos versi offline, untuk pengguna Android di negara berkembang seperti Nigeria, tempat mereka merilis aplikasi anyar ini. Gallery Go punya fungsi sama seperti Photos namun bisa bekerja secara offline, dan aplikasi ini hanya membutuhkan penyimpanan 10MB.

Gallery Go adalah satu dari banyak aplikasi versi 'Lite' yang sudah dirilis untuk negara berkembang. Seperti Facebook Lite, Messenger, Instagram, dan Twitter. Google bahkan punya OS versi Lite, yang namanya Android Go.


Jajaran aplikasi -- dan OS -- versi Lite ini adalah cara perusahaan teknologi untuk meraup pengguna di negara-negara berkembang. Pengguna di negara seperti ini biasanya menggunakan ponsel dengan spek rendah dan koneksi internet yang tak cepat serta kuotanya terbatas.

Untuk itulah diperlukan aplikasi khusus yang tak memakan banyak sumber daya ponsel agar pengguna di negara berkembang itu bisa tetap menikmati layanan-layanan mereka.

Gallery Go sudah tersedia dan bisa diunduh di Play Store. Untuk bisa menjalankannya, diperlukan perangkat dengan OS minimal Android 8.1 Oreo, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (25/7/2019).

Simak Video "Wow! Mbah Google Kini Makin Cerdas dengan Teknologi Barunya"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fyk)