Selasa, 23 Jul 2019 15:37 WIB

WhatsApp Resmi Hadir di 'Ponsel Jadul'

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Nokia 8110 reborn. Foto: Digital Trends Nokia 8110 reborn. Foto: Digital Trends
Jakarta - Nokia 8110 edisi reborn yang dirilis pada 2018 lalu menggunakan sistem operasi KaiOS, dan kini OS untuk ponsel murah tersebut kedatangan WhatsApp versi resmi.

WhatsApp bisa diunduh lewat KaiStore pada perangkat KaiOS dengan RAM 256 MB dan 512 MB. Aplikasi ini juga bakal tersedia secara preinstall di sejumlah ponsel yang diluncurkan pada Q3 2019 ini.

Pada versi KaiOS, WhatsApp akan mempunyai sejumlah fitur seperti enkripsi end-to-end seperti pada versi Android dan iOS, begitu juga dengan fitur panggilan telepon WhatsApp, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (23/7/2019).

WhatsApp sendiri sebenarnya sudah dirilis secara bertahap di sejumlah perangkat berbasis KaiOS sejak beberapa waktu lalu. Pada September 2018 lalu, WhatsApp hadir di JioPhone, dan kemudian pada April muncul di Nokia 8110 yang dirilis di India.


Namun dengan dirilisnya WhatsApp di KaiOS ini berarti aplikasi milik Facebook ini akan tersedia di tujuh perangkat KaiOS yang sudah ada, yaitu Cat B35, Doro 7060, JioPhone (Reliance Jio), JioPhone 2, MTN Smart, Nokia 8110, dan Orange Sanza.

Ponsel-ponsel yang menggunakan KaiOS ini banyak digunakan di negara-negara berkembang. Wujud ponselnya biasanya seperti desain zaman dulu dengan keypad fisik. Tentunya dengan kehadiran WhatsApp ini membuat para pengguna KaiOS bisa berkomunikasi lebih leluasa lewat jejaring pengiriman pesan tersebut.

KaiOS pada awalnya adalah hasil modifikasi dari Firefox OS setelah Firefox menyerah mengembangkan sistem operasi untuk ponsel. Sistem operasi ini pun mendapat pendanaan dari Google, dan mempunyai fitur Google Assistant.

Simak Video "WhatsApp Bakal Bisa Diakses di Berbagai Perangkat dengan Mudah"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed