Senin, 22 Jul 2019 11:52 WIB

Tik Tok Bereksperimen, Ada yang Bilang Jadi Mirip Instagram

Aisyah Kamaliah - detikInet
Foto: Joe Scarnici/Getty Images Foto: Joe Scarnici/Getty Images
Jakarta - Tik Tok terindikasi sedang bereksperimen mencoba fitur-fitur baru. Mengintip bocoran yang ada, aplikasi layanan video singkat itu diduga "terinspirasi" dari Instagram.

Dilansir Gizmodo, bocoran itu diungkap oleh Jane Manchun Wong yang memang rutin membahas soal calon fitur-fitur baru beragam layanan media sosial (medsos).

Disebutkannya lewat Twitter, Tik Tok tampak sedang bereksperimen dengan tab "Discover" dan layout feed bentuk grid yang kelihatannya berfungsi sepeti fitur feed 'Explore' di Instagram.


Tik Tok sepertinya juga tengah menjajal fitur terkoneksi dengan akun Facebook atau Google, mengirimkan video melalui WhatsApp, dan juga membangun fungsi account-switch untuk memudahkan pengguna berpindah menggunakan multi akun, mirip seperti Instagram.

Cuitan Wong mendapat beragam reaksi dari banyak netizen. Tak sedikit yang menilai Tik Tok jadi terlihat Instagram banget.




"Pada akhirnya semua orang memang akan mengkopi dari orang lain. Tapi yang ini terang-terangan banget," kata salah seorang warganet.

"Apa ini Instagram?" sahut yang lain.

Di sisi lain, menariknya, ada pula eksperimen tag "liked by creator" pada komentar -- fitur yang memunculkan jumlah download pada video dan juga memunculkan jumlah like dari halaman Sound and Hashtag.

Ini tentu saja kontras dengan Instagram yang saat ini justru sudah mulai menyembunyikan jumlah like dan view video untuk sejumlah pengguna di negara-negara tertentu termasuk Australia, Brasil, Kanada, Irlandia, Italia, Jepang, dan Selandia Baru.




Tik Tok Bereksperimen, Ada yang Bilang Jadi Mirip Instagram


Simak Video "Tak Lagi Diblokir, TikTok India akan Adaptasi Kebijakan di Indonesia?"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed