Kamis, 18 Jul 2019 19:19 WIB

7 Aplikasi Mata-mata Dihapus Google dari Play Store

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Photo by Kaur Kristjan on Unsplash Foto: Photo by Kaur Kristjan on Unsplash
Jakarta - Perusahaan keamanan Avast menemukan tujuh aplikasi mata-mata (stalkerware) di Play Store dan melaporkannya. Kini aplikasi tersebut sudah dihapus oleh Google.

Semua aplikasi tersebut diduga dibuat oleh developer asal Rusia dan dibuat untuk memata-matai targetnya. Meski sudah dihapus oleh Google, sebelumnya aplikasi tersebut sudah diunduh dan diinstal lebih dari 130 ribu kali.

Ada dua aplikasi yang paling populer di antara ke-7 apikasi tersebut, yaitu Spy Tracker dan SMS Tracker. Keduanya masing-masing sudah diinstal lebih dari 50 ribu kali.

Aplikasi tersebut dibuat agar penggunanya bisa memata-matai orang lain, dalam hal ini bisa anaknya, pegawai, atau lainnya. Mereka memantau lokasi target, mengumpulkan daftar kontaknya, SMS serta call history.




Namun, agar aplikasi ini bisa beroperasi, si pengguna harus mengakses ponsel si korban terlebih dahulu dan menginstal aplikasinya pada ponsel tersebut. Demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Kamis (18/7/2019).

Lalu si pengguna pun harus login menggunakan alamat email dan password yang sama dengan yang ia pakai di ponselnya. Setelah semua dilakukan, aplikasi tersebut bakal memberi tahu cara agar aplikasi tersebut tak terlihat terinstal di ponsel si korban.

"Aplikasi semacam ini sangat tak etis dan menjadi masalah problematik bagi privasi orang dan seharusnya tak ada di Google Play Store. Mereka mempromosikan perilaku kriminal dan (aplikasi ini) bisa disalahgunakan oleh pemimpin perusahaan, stalker, atau pasangan yang berperilaku buruk untuk memata-matai korbannya," tulis Nikolaos Chrysaidos, head of mobile threat intelligence and security Avast.

"Kami mengklasifikasikan aplikasi semacam ini menjadi stalkerware, dan dengan menggunakan apklab.io kami bisa mengidentifikasi aplikasi semacam ini dengan cepat, lalu berkolaborasi dengan Google untuk menghapus aplikasi tersebut," tambahnya.

Ke-7 aplikasi mata-mata yang sudah dihapus itu adalah:
  • Track Employees Check Work Phone Online Spy Free
  • Spy Kids Tracker
  • Phone Cell Tracker
  • Mobile Tracking
  • Spy Tracker
  • SMS Tracker
  • Employee Work Spy






Simak Video "Google Plus Gagal, Google Bikin Media Sosial Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed