Rabu, 10 Jul 2019 11:41 WIB

Spotify Lite Dirilis, Ukurannya Cuma 10 MB

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Dok. Spotify Foto: Dok. Spotify
Jakarta - Spotify merilis aplikasi terbarunya yang lebih ringan, namanya Spotify Lite. Aplikasi ini ditujukan untuk orang-orang dengan kuota data terbatas dan perangkat dengan storage kecil.

Spotify Lite ukurannya cuma 10 MB, jauh lebih kecil dibanding Spotify biasa yang membutuhkan 100MB. Tak cuma lebih kecil, aplikasi ini juga dilengkapi fitur penting, yaitu bisa membatasi penggunaan data, dan bisa mengeluarkan notifikasi saat batas penggunaan data itu sudah tercapai.

Lalu untuk pengguna ponsel jadul -- atau juga ponsel dengan storage terbatas --, pengguna bisa mengatur cache lagu dan bisa menghapusnya dengan satu sentuhan, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (10/7/2019).


Spotify Lite tersedia di 36 negara yang tersebar di Asia, Amerika Selatan, Timur Tengah, dan Afrika. Syarat minimalnya adalah Android 4.3 ke atas, dan menawarkan pengalaman yang serupa dengan aplikasi Spotify biasa, namun dioptimasi untuk koneksi yang lebih lambat serta paket data yang lebih kecil.

Selain itu ada juga satu perubahan dibanding aplikasi Spotify biasa. Yaitu perubahan menu 'users libraries' menjadi 'favorites', yang menjadi tempat untuk semua lagu dan playlist yang sudah disimpan oleh penggunanya.

Menurut Spotify, dengan kehadiran Spotify Lite ini pengguna bisa memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Spotify sendiri adalah perusahaan ke sekian yang merilis aplikasi lite. Sebelumnya ada Facebook dengan Facebook Lite, lalu Instagram Lite, dan bahkan Uber pun punya aplikasi versi Lite.

Aplikasi versi lite semacam ini menjadi populer dan penting bagi perusahaan teknologi yang ingin memperluas layanannya di negara berkembang, di mana koneksi internet lebih lambat, dan kuota data menjadi sebuah hal yang berharga dan terbilang mahal.

Spotify Lite Dirilis, Ukurannya Cuma 10 MB
(asj/krs)