Minggu, 30 Jun 2019 20:21 WIB

Fakta-fakta Ganti Nomor di WhatsApp

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Halaman 1 dari 2
Foto: Justin Sullivan/Getty Images Foto: Justin Sullivan/Getty Images
Jakarta - Ada kalanya kita ingin mengganti nomor telepon yang terhubung pada akun WhatsApp. Bisa karena nomor yang lama sudah tak dipakai lagi, atau memang ingin mempunyai dua akun WhatsApp di ponsel yang berbeda. Berikut adalah fakta-fakta saat mengganti nomor di WhatsApp.

Ada dua cara untuk mengganti nomor yang terhubung dengan WhatsApp, yaitu dengan menggunakan fitur yang sudah disediakan, atau bisa juga dengan menghapus aplikasi WhatsApp dari dalam ponsel.

1. Memakai fitur bawaan
WhatsApp menyediakan fitur untuk mengubah nomor telepon yang terhubung. Fitur ini di ada dalam menu pengaturan, dan anda tak perlu menghapus aplikasi ini dari ponsel.

Jika anda menggunakan fitur ini, nomor WhatsApp yang lama akan dihapus dari database dan tak lagi digunakan dalam kontak WhatsApp. Jika ada orang yang mengirim pesan ke nomor lama ini, pesannya tak akan terkirim ke anda, dan hanya mendapat tanda centang satu di status pesannya.

History chat
Semua catatan percakapan dari nomor telepon yang lama akan tetap tersimpan, lengkap dengan media (foto ataupun video) yang ada. Begitu juga dengan WhatsApp group. Anda tak akan dihapus darigrup tersebut, dan akan ada notifikasi di anggota grup lain yang menyebut anda sudah mengganti nomor telepon.


Pengaturan WhatsApp dan Informasi Profil
Hal yang sama juga akan terjadi pada bermacam pengaturan, seperti ringtone, privasi, dan lainnya. Hal-hal tersebut akan ikut dipindahkan ke nomor WhatsApp yang baru, dan anda tak perlu melakukan pengaturan ulang, termasuk foto profil anda.

Notifikasi
Karena nomor WhatsApp yang lama sudah tak aktif, maka anda perlu memberi tahu orang-orang kalau anda mengganti nomor,agar pesan yang mereka kirim bisa sampai ke anda.

Ada dua metode yang bisa dipakai untuk mengumumkan perubahan nomor ini. Pertama adalah menggunakan fitur bawaan yang sudah disediakan. Pada fitur ini ada tiga opsi, mengirim notifikasi ke semua kontak, hanya ke kontak yang pernah diajak berbincang, atau custom, di mana anda bisa memilih setiap kontak yang akan dikirimi notifikasi.

Metode kedua adalah menggunakan fitur broadcast. Namun hal ini perlu dilakukan sebelum anda mengganti nomor, karena jika menggunakan nomor yang baru, besar kemungkinan pesan broadcast anda tak akan terkirim karena nomornya belum tersimpan di kontak mereka.

(asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed