Senin, 17 Jun 2019 13:09 WIB

Instagram Uji Cara Cepat Pulihkan Akun yang Kena Hack

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Youtube Foto: Youtube
Jakarta - Ketika akun Instagram dibajak atau kena hack, butuh waktu agar pengguna dapat memulihkannya lagi. Di masa depan proses tersebut akan tuntas lebih cepat.

Instagram dikabarkan tengah menguji proses pemulihan baru di aplikasinya. Nantinya pengguna akan lebih mudah melakukan pemulihan bilamana akun Instagram kena hack.




Saat ini pengguna Instagram harus menunggu email dan mengisi formulir dukungan. Pendekatan itu diperbarui menggunakan aplikasi untuk menanyakan berbagai informasi, seperti email atau nomor telepon. Pengguna kemudian akan menerima kode enam digit yang dikirimkan ke ponselnya.

Instagram juga berupaya mencegah peretas menggunakan email dan nomor telponnya untuk mengambil alih akun. Metode baru ini akan memastikan bahwa pengguna dapat memulihkan akunnya bahkan jika penyusup telah mengubah nama pengguna dan data kontak.




Tidak sampai di situ Instagram menawarkan perlindungan yang memastikan nama pengguna tidak dapat diklaim untuk periode waktu tertentu setelah perubahan akun.

Belum ada informasi kapan fitur pemulihan akun Instagram lewat aplikasi tersedia luas. Untuk perlindungan nama pengguna sendiri sudah ada di Android, sementara iOS masih pengembangan, demikian dilansir dari Engadget, Senin (17/6/2019).


(afr/krs)