Senin, 10 Jun 2019 07:07 WIB

Google Maps Kini Bisa Tampilkan Indikator Kecepatan Berkendara

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Adi Fida Rahman/detikinet Foto: Adi Fida Rahman/detikinet
Jakarta - Setelah Google mengakuisisi Waze pada tahun 2013 yang lalu, beberapa fiturnya juga ditemui di aplikasi peta dan navigasi Google Maps. Baru-baru ini Google Maps pun baru saja mendapat fitur baru yang sebelumnya hadir di Waze yaitu indikator kecepatan atau speedometer.

Dilansir detikINET dari The Verge, Minggu (9/6/2019) pengguna Google Maps nantinya bisa melihat kecepatan berkendaranya secara real-time. Penunjuk kecepatan ini dapat dilihat di bagian kiri bawah layar ketika menggunakan layanan penunjuk arah.



Memang semua kendaraan bermotor saat ini telah memiliki speedometer bawaan. Tapi indikator ini tentu membantu pengendara yang sudah melirik aplikasi untuk melihat arah agar bisa sekalian mengecek kecepatan berkendaranya.

Fitur speedometer ini hanya satu dari serangkaian fitur baru Google Maps yang baru-baru ini didatangkan dari Waze. Sebelumnya Google Maps kedatangan fitur batas kecepatan dan juga fitur untuk melaporkan kecelakaan dan speed camera yang bisa dilihat oleh pengguna lainnya.

Untuk mengaktifkan layanan speedometer ini mudah saja. Pertama buka aplikasi Google Maps dan klik ikon tiga garis horizontal yang ada di sisi kiri atas layar.

Lalu, scroll ke bawah dan pilih menu Settings kemudian Navigation Settings. Setelah itu scroll ke menu Driving Options dan klik toggle untuk Speedometer. Jika tidak menemukan opsi ini, berarti fitur ini belum tersedia untuk kalian.



Saat ini Google belum meluncurkan fitur tersebut secara global dan baru tersedia di beberapa negara. Beberapa pengguna Google Maps yang telah mencicipi fitur ini berasal dari Argentina, Australia, Belgia, Brazil, Kanada, Republik Ceko, Finlandia, Jerman, India, Belanda, Polandia, Portugal, Swedia, Taiwan, Inggris dan Amerika Serikat. (vim/vim)