Minggu, 02 Jun 2019 08:39 WIB

Cara 'Gelap-gelapan' di Sejumlah Aplikasi Populer Smartphone

Kris Fathoni W - detikInet
Halaman 1 dari 2
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Mode gelap alias dark mode jadi salah satu fitur dinantikan di 2019. Sejumlah aplikasi populer buat smartphone pun sudah mengadopsi mode gelap tersebut.

Dark mode bukanlah sekadar gaya-gayaan. Warna gelap di layar smartphone bikin mata jadi tidak cepat lelah, teks terbaca lebih mudah, dan baterai bisa lebih hemat.

Dirangkum dari sejumlah sumber termasuk TrustedReviews, berikut sejumlah aplikasi popuoler di Android dan iOS yang sudah mendukung mode gelap, termasuk instruksi untuk mengaktifkannya.

1. Facebook Messenger

Facebook resmi membawa fitur mode gelap ke aplikasi Messenger pada April 2019, setelah sebelumnya memberikan teaser lewat emoji bulan. Dark mode pada Facebook Messenger membuat aplikasi ini didominasi warna hitam dan abu-abu. Berikut cara mengaktifkannya:

- Sentuh profile picture di pojok kiri atas aplikasi.
- Sentuh opsi aktif pada dark mode.




2. Twitter

Twitter sebenarnya sudah punya mode gelap sejak beberapa tahun lalu. Tetapi ada keluhan mengenai warna pada mode, yang dianggap tak maksimal dalam konteks penghematan daya baterai.

Kini Twitter dikabarkan sedang menggarap tiga opsi mode gelap: Dim, Lights Out, dan Automatic Dark Mode. Dim disebut sebagai mode gelap awal sedangkan Lights Out lebih dekat ke dark mode untuk hemat baterai. Opsi terakhir merupakan kombinasi keduanya.

Berikut cara mengaktifkan mode gelap pada Twitter:

- Sentuh icon di pojok kiri layar.
- Sentuh ikon lampu.

3. YouTube

Pada Januari 2018, YouTube menghadirkan tema gelap ke iOS. Tapi pengguna Android harus menunggu lebih lama beberapa bulan untuk kebagian update. Lewat fitur ini, warna putih latar belakang YouTube berubah jadi abu-abu gelap.

Berikut cara mengaktifkan mode gelap Twitter:

- Sentuh ikon di pojok kanan atas layar.
- Sentuh 'Settings' lalu 'General'
- Sentuh opsi aktif 'dark theme'.

4. Google Maps

Yang dimiliki Google Maps bukanlah dark mode sebagaimana di aplikasi lain melainkan sebuah "mode malam". Nah, mode malam ini sejatinya juga sudah dimiliki Google Maps dan akan aktif otomatis saat malam tiba.

Akan tetapi, ada pula sebuah cara agar mode malam itu bisa aktif manual dan terus menyala dalam kondisi demikian. Berikut caranya:

- Sentuh tombol garis tumpuk di pojok kiri atas aplikasi.
- Sentuh 'Navigation settings'.
- Scroll ke bawah untuk menemukan 'Map Display' dan kemudian pilih 'Night'.

Cara 'Gelap-gelapan' di Aplikasi-aplikasi Populer Smartphone


Halaman berikutnya: lima aplikasi selanjutnya



(krs/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed