Rabu, 29 Mei 2019 12:31 WIB

8 Aplikasi Pemantau Jalur dan Arus Mudik di HP Android

Virgina Maulita Putri - detikInet
Google Maps Foto: Adi Fida Rahman/detikinet Google Maps Foto: Adi Fida Rahman/detikinet
Jakarta - Mudik seakan menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia saat Lebaran. Berbagai moda transportasi pun digunakan untuk pulang kampung menuju keluarga, termasuk lewat jalur darat menggunakan mobil dan bus.

Kian banyaknya masyarakat yang memilih untuk pulang kampung lewat jalur darat sekaligus memunculkan potensi macet di jalur mudik. Untuk menghindari macet berkepanjangan di perjalanan, detikINET telah merangkum sejumlah aplikasi pemantau jalur dan arus mudik buat HP Android.

Apa saja aplikasinya? Yuk simak daftar berikut.

1. Google Maps

Siapa yang tidak mengenal Google Maps. Tidak cuma untuk membantu navigasi saat berkendara sehari-hari, aplikasi ini juga bisa membantu navigasi saat mudik juga. Google Maps bisa menampilkan situasi kemacetan jalan dengan tiga indikator warna, yaitu merah untuk macet, kuning untuk jalanan padat, dan biru untuk jalanan lancar.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menampilkan sejumlah informasi penting seperti lokasi SPBU, tempat makan, tempat ibadah, dan rest area. Jika belum ada, Google Maps bisa diunduh di sini.

2. Waze

Sama seperti Google Maps, Waze juga termasuk salah satu aplikasi peta dan navigasi yang paling banyak digunakan. Dengan aplikasi ini kalian bisa mengetahui tingkat kemacetan di jalan dan mendapat jalur alternatif tercepat.

Selain itu, pengguna Waze juga bisa mendapat informasi tentang kondisi jalan dari pengguna Waze lainnya secara real-time. Untuk mengunduh Waze bisa diklik di sini.

3. HERE WeGo

HERE WeGo menawarkan fitur dan layanan yang serupa dengan Google Maps dan Waze untuk memantau jalur mudik. Tapi, yang membedakan HERE WeGo dengan aplikasi navigasi lainnya adalah aplikasi ini tidak membutuhkan koneksi internet.

Tentu ini sangat berguna untuk penggunanya yang hendak mudik ke daerah yang masih belum mendapat koneksi 4G. Ingin menjajal aplikasi HERE WeGo? Unduh di sini.




4. NTMC Mudik

NTMC Mudik merupakan aplikasi yang dirilis oleh Korlantas Mabes POLRI yang telah membantu perjalanan pemudik sejak Lebaran tahun 2018. Dalam aplikasi ini pengguna bisa mengakses informasi penting seperti titik kemacetan, lokasi SPBU, rest area, dan masih banyak lagi.

Deretan Aplikasi Pantau Jalur Mudik untuk Hindari MacetFoto: Screenshot/Google Play Store

Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk mengakses layanan tambahan lainnya dari NTMC TV, Jasa Marga, Jasa Raharja dan informasi dari POLRI. Kalian bisa unduh NTMC Mudik di sini.

5. LM - Info Traffic Lalu Lintas

LM atau yang dikenal sebagai Lewat Mana merupakan salah satu aplikasi yang bisa kalian manfaatkan untuk memantau arus jalur mudik. Informasi yang ditawarkan cukup lengkap mulai dari info kemacetan hingga kecelakaan lalu lintas.

Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memantau lalu lintas lewat CCTV yang tersebar di kota Jakarta, Surabaya, Bandung dan Bali. Ingin menjajal aplikasi ini? Kalian bisa klik di sini.

6. Travoy

Aplikasi besutan Jasa Marga ini bisa membantu pemudik untuk merencanakan mudiknya dengan menginput tanggal keberangkatannya dan data ini akan digabungkan dengan data pengguna lainnya. Sehingga pemudik bisa melihat seberapa banyak orang yang akan mudik di tanggal yang mereka pilih.

Selain itu aplikasi ini juga menawarkan sejumlah informasi penting lainnya seperti tarif tol, rest area, memesan makan di rest area yang berjarak 20 kilometer, hingga fitur Yuk Mampir yang menampilkan destinasi wisata dan kuliner di luar jalan tol. Untuk mengunduhnya kalian bisa klik di sini.




7. Aplikasi MAXstream

Telkomsel, yang bekerja sama dengan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri), menghadirkan Live-Streaming 50 CCTV di Jalur Mudik dalam saluran Mudik Hepi 2019 di aplikasi MAXstream, yang dapat diakses dari tanggal 27 Mei 2019 hingga 26 Juni 2019.

Saluran Mudik Hepi 2019 di MAXstream di antaranya menghadirkan pantauan keadaan jalur mudik melalui 50 CCTV Korlantas yang terletak di berbagai titik keramaian termasuk Pelabuhan Merak, Bakauheni, hingga Ketapang, dan lain-lain. Cek langsung di sini.

8. Peta Jelajah Nusantara

Aplikasi ini lahir lewat kerja sama PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dengan dengan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub).

Aplikasi yang terhubung dengan Google Maps ini bukan cuma berisikan navigasi jalur mudik lebaran menuju posko mudik, posko kesehatan, dan terminal bus. Ada pula informasi mengenai tiap posko dan pengaturan jalur lalu lintas. Lihat lebih jauh di sini.


(vim/krs)