Kamis, 09 Mei 2019 22:43 WIB

Rating Aplikasi di Play Store Bakal Dihitung Ulang

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta - Sejak pertama dirilis pada 2008 dengan nama Android Market, Google Play Store terus mengumpulkan review dan rating aplikasi yang ada di dalamnya sampai saat ini.

Skor ini diperlakukan sama tanpa menghitung sejak kapan review dan rating itu diberikan. Namun dalam waktu dekat, sistem penilaian itu akan diubah oleh Google.

Perubahan ini diperlukan karena pada banyak kasus, review jadul untuk sebuah aplikasi tak lagi bisa merepresentasikan kondisi aplikasi tersebut saat ini alias tak relevan lagi. Contohnya adalah review dan penilaian jelek yang didapat sebuah aplikasi karena sebuah bug yang kini sudah diperbaiki.




Atau contoh lainnya adalah penilaian jelek karena sebuah aplikasi tak mempunyai fitur tertentu, yang kini fiturnya sudah tersedia, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Kamis (9/5/2019).

Masalah ini sudah diketahui sejak lama oleh para developer, dan mereka pun meminta Google untuk memperbaiki masalah ini. Dan kini permintaan tersebut dikabulkan oleh Google.

Mulai Agustus mendatang, review aplikasi yang lebih baru akan didahulukan atau lebih penting ketimbang review yang lebih tua. Belum diketahui bagaimana rumus yang akan dipakai oleh Google, namun yang jelas developer sudah bisa mengintip nilai baru mereka mulai saat ini.


(asj/krs)