Kamis, 09 Mei 2019 07:59 WIB

Quran Best, Aplikasi Alquran Digital Buatan Bandung

Mochamad Solehudin - detikInet
Foto: Mochamad Solehudin/detikINET Foto: Mochamad Solehudin/detikINET
Jakarta - Kemajuan teknologi memberi banyak kemudahan bagi kehidupan umat manusia. Berbagai kegiatan bisa dengan mudah dilakukan hanya dengan bantuan telpon pintar yang dimiliki, termasuk membaca Alquran.

Sekelompok pengembang aplikasi digital asal Kota Bandung berhasil membuat Alquran digital yang cukup istimewa. Alquran digital yang diberi nama Quran Best Indonesia memiliki banyak fitur yang bisa memudahkan masyarakat membaca kitab suci Alquran kapan dan dimana pun.


Founder Quran Best Indonesia Idham Fitriadhi menyatakan, aplikasi buatanya memiliki fitur lengkap dibandingkan dengan aplikasi yang ada. Selain itu, fitur Quran Best ini memiliki tampilan menyerupai Al Quran cetak.

"Quran Best ini bisa kita nikmati senyaman Quran cetak. Kami yang bergiat di percetakan Alquran menyiapkan ini semudah Alquran cetak," katanya, saat ditemui di Masjid Al-Ukhuwah, Kota Bandung, Rabu (8/5/2019).

Menurutnya, Quran Best memiliki fitur yang cukup lengkap dibanding aplikasi Quran digital lainnya. Quran Best memiliki 7 jenis Al-Quran dalam satu aplikasi sehingga memudahkan penggunanya menggunakan Quran Best sesuai kebutuhan.

Ia menyebutkan ada fitur Quran dengan tulisan Khat Indonesia yang bisa digunakan menggunakan tajwid dan non tajwid. Selain itu disediakan juga bagi pengguna yang ingin membaca dengan khat Madinah. Fitur lainnya adalah disediakannya Quran per kata sisip baris. Fitur ini menjadi satu-satunya yang baru ada di Indonesia.

"Kemudian ada juga Quran per ayat. Nah Quran per ayat itu bisa kita cari tentang shalat, salatnya nanti keluar semua. Mencari doa, doa keluar semua. Cuma kita sedang perbaiki ingin seperti Google, kalau misalkan sekarang pakai EYD karena terjemahan Kemenag jadi harus shalat, nggak boleh solat, nggak ketemu nanti. Nah kalau google kan similarnya sudah kena. Kita akan buatkan itu juga," tuturnya.

Quran Best, Aplikasi Alquran Digital Buatan BandungFoto: Mochamad Solehudin/detikINET
Selain itu, di dalamnya juga terdapat fitur kiblat dan pengingat jadwal shalat wajib hingga bisa mengingatkan penggunanya untuk melaksanakan shalat wajib dimana pun berada. Fitur menarik lainnya adalah adanya bookmark ayat-ayat Alquran dengan tema-tema populer yang secara umum banyak dibutuhkan, seperti ayat-ayat yang berhubungan dengan rezeki, larangan riba,

Saat ini, ia mengatakan pihaknya sedang melengkapi Quran Best dengan fitur audio. Sehingga pengguna bisa mendengarkan tilawah Quran hingga 30 juz dari para Qori terbaik.

"Kebetulan karena audio kita baru ada per-ayat dari tujuh imam di Timur Tengah jadi kalau diklik dia putus-putus karena per-ayat sistemnya. Nah nanti kita akan buatkan tombol khusus audio. Nanti Muzzamil Hasballah yang 30 juz. Jadi pengen denger muzamil 30 juz tinggal klik tanpa terpotong. Itu terutama untuk tunanetra," ujarnya.

Ia mengatakan aplikasi ini dihadirkan secara gratis bagi umat Muslim. Pengguna tinggal mendownload melalui PlayStore atau Appstore untuk menggunakannya. Diharapkannya dengan adanya aplikasi ini umat Muslim bisa semakin giat membaca Quran.


Sementara itu, Wali Kota Bandung Oded M Danial menyambut baik diluncurkannya Quran Best. Aplikasi buatan Kota Bandung diharapkan bisa meningkatkan minat baca Quran masyarakat Kota Bandung.

"Para ASN juga diharapkan juga bisa memanfaatkan. Aplikasinya luar biasa ini sangat membantu buat kita. Sangat membantu umat Islam untuk lebih dekat dengan Alquran," kata Oded yang juga hadir dalam peluncuran. (mso/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed