Sabtu, 27 Apr 2019 17:45 WIB

Ketika AI Bantu Umat Muslim Beribadah Lebih Mudah

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Umma Foto: Umma
Jakarta - Belakangan ini teknologi kecerdasan buatan atau AI digunakan untuk beragam hal, termasuk urusan beribadah.

Adalah Umma, sebuah aplikasi mobile buatan anak muda Indonesia yang dibuat untuk membantu umat muslim beribadah. Memanfaatkan teknologi kecerdasan, sehingga konten yang tersaji dipersonalisasi sesuai pengguna.


"Misi kami adalah membantu pengguna untuk bersama-sama menjadi muslim yang lebih baik (khairu ummah) melalui pemanfaatan teknologi. Aplikasi kami dikembangkan untuk menjawab kebutuhan kaum muslim akan informasi seputar Islam yang terpercaya dalam satu wadah," kata Indra Wiralaksmana, CEO dan Co-Founder umma dalam keterangan resminya.

Umma menawarkan sejumlah fitur yang tidak kalah menarik dengan aplikasi sejenisnya, di antaranya:

- Fitur Penunjang Beribadah

Terdiri dari waktu shalat dan penunjuk arah kiblat yang dapat digunakan di lokasi manapun berbasis GPS. Ada pula fitur Al Qur'an dan terjemahan yang dilengkapi kumpulan rekomendasi ayat-ayat dengan berbagai tema kehidupan.

Ketika AI Bantu Umat Muslim Beribadah Lebih MudahInterface aplikasi Umma. Foto: Umma
- Fitur Konten

Konten pada Umma terdiri dari beragam artikel serta berbagai video kajian dan ceramah ustadz yang telah diverifikasi dan dimoderasi.

Saat ini, konten aplikasi Umma telah diisi lebih dari 80 ustadz dan ulama populer di tengah masyarakat yang siap berbagi informasi kepada para pengguna

- Fitur Komunitas

Berisikan grup percakapan yang dimoderasi untuk memfasilitasi pengguna Umma yang berasal dari beragam latar belakang untuk berdiskusi maupun melakukan tanya jawab dengan ustadz pembina grup tersebut.

""Fitur komunitas ini yang membedakan kami dengan platform lainnya. Melalui fitur komunitas, Umma mendorong umat muslim Indonesia untuk saling bahu-membahu berbuat kebaikan pada sesama melalui diskusi yang positif. Lebih dari 1 tahun, kami telah memfasilitasi terbentuknya 80 komunitas baru dan akan terus bertambah," pungkas Indra.

Umma bisa mau download secara gratis di Google Play Store atau Apple App Store (afr/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed