Jumat, 19 Apr 2019 07:04 WIB

Screenshot Chat WhatsApp Kelak Bisa Saja Dipersulit

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Screenshot pesan WhatsApp terkadang disalahgunakan oleh penggunanya. WhatsApp pun bisa saja memperketat aturan untuk mengambil screenshot di aplikasinya.

WABetaInfo baru-baru ini menemukan kalau WhatsApp berencana mengimplementasikan sistem baru yang bakal mempersulit proses untuk meng-screenshot chat WhatsApp, yaitu dengan mensyaratkan pengguna untuk memindai sidik jarinya sebelum mengambil screenshot.

Hal ini tentunya membuat orang untuk berpikir dua kali sebelum mengambil screenshot. Namun tetap saja fitur ini tak melindungi pengguna WhatsApp dari orang lain yang mau mengambil screenshot pesan yang kita kirimkan ke ponselnya.




Satu-satunya cara untuk menghindari hal tersebut adalah memanfaatkan fitur 'unsend' sebelum mereka bisa mengambil screenshot dari pesan tersebut. Namun agar bisa melakukan hal ini kita harus sangat cepat menekan tombol tersebut.

Fitur tersebut saat ini tersedia di WhatsApp Android beta v2.19.106. Belum jelas kapan fitur ini akan digulirkan ke publik, namun yang jelas kehadiran fitur ini harus menunggu fitur lainnya, yaitu pemindai sidik jari di WhatsApp.

Dalam pembaruan tersebut, WhatsApp juga menambahkan fitur lain, yaitu Doodle UI dan fitur Sticker yang terpisah dari emoji. Nantinya Sticker tersebut bisa berasal dari pihak pertama (WhatsApp) atau pihak ketiga, demikian dikutip detikINET dari Timesnownews, Kamis (18/4/2019).


(asj/krs)