Kamis, 04 Apr 2019 18:59 WIB

Suara John Legend Siap Membuai Pengguna Google Assistant

Agus Tri Haryanto - detikInet
Google Assistant di perangkat iOS. Foto: istimewa Google Assistant di perangkat iOS. Foto: istimewa
Jakarta - Satu bulan menjelang perhelatan Google I/O, kabar baik datang bagi para pengguna Google Assistant. Google resmi memperkenalkan John Legend sebagai pengisi suara terbaru di layanan asisten virtual andalannya tersebut.

Suara dari pemenang penghargaan Grammy tersebut bisa jadi pilihan bagi para pengguna Google Assistant, baik di perangkat berbasis iOS maupun Android.




John Legend adalah salah satu dari enam pengisi baru di Google Assistant yang dipratinjau di Google I/O, di mana perusahaan memberikan pratinjau model sintesis suara karyanya WaveNet. Sementara sisa pengisi suara lainnya diperkirakan akan dipamerkan di ajang Google I/O.

Dengan dukungan dari kecerdasan buatan DeepMind, WaveNet merupakan mesin yang dapat dengan mengambil sampel suara manusia dan secara langsung memodelkan dalam bentuk gelombang, kemudian menciptakan suara yang terdengar lebih realistis.

[Gambas:Youtube]


"WaveNet memungkinkan kami untuk mempersingkat waktu studio dan model ini benar-benar dapat menangkap kekayaan suaranya," ungkap CEO Google Sundar Pichai dilansir dari The Verge, Kamis (4/4/2019).

Sampai saat ini suara John Legend masih terbatas untuk merespons sejumlah perintah dari pengguna. Misalnya pertanyaan untuk menyanyikan ulang tahun, cuaca, dan menjawab siapa itu Chrissy Teigen.




Suara John Legend juga baru tersedia dalam Bahasa Inggris di Amerika Serikat. Tetapi Google kemungkinan besar akan memperluas jangkauannya ke banyak wilayah dan menambah artis lainnya.

Pengguna Goggle Assistant yang ingin terbuai suara dari John Legend, dan memenuhi syarat seperti disebutkan di atas, bisa melakukannya dengan mengatakan "Hey, Google, talk like a Legend" atau secara manual di pengaturan dengan memilih suara dari pelantun "All of Me" ini.


(agt/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed