Kamis, 04 Apr 2019 13:25 WIB

Wujud Gmail Pertama Kali Lahir

Agus Tri Haryanto - detikInet
Layanan Gmail. Foto: istimewa Layanan Gmail. Foto: istimewa
Jakarta - Usia Gmail sudah 15 tahun, terhitung sejak 1 April kemarin. Sejak pertama kali dilahirkan hingga sekarang, Gmail terus berevolusi diri sebagai layanan surat elektronik.

Senior Product Manager Gmail Tom Holman menuturkan, dulu, di tahun 2004, email berbeda sekali dengan sekarang. Ada banyak sekali spam dan tidak ada cara mudah untuk mencari email tertentu atau merapikan email yang ada.

Selain itu, Anda harus menghapus-hapus email agar tidak melanggar batas penyimpanan. Mereka pun mengembangkan Gmail untuk mengatasi masalah-masalah itu, dan sekarang Gmail telah bertumbuh menjadi produk yang sehari-harinya diandalkan oleh 1,5 miliar orang untuk menuntaskan pekerjaan mereka.




"Pada tanggal 1 April 2004, kami meluncurkan Gmail. Dengan integrasi kemampuan Google Search dan pengelompokan pesan ke dalam untaian percakapan, mencari dan membalas pesan menjadi lebih mudah," ujarnya dalam keterangan tertulisnya.

"Anda juga bisa menyimpan 1 GB data secara gratis-hampir 100 kali lipat dari penawaran lain yang ada saat itu. Tidak heran jika ini dikira hanya lelucon," sambungnya.

Holman menjelaskan pada pertengahan dekade 2000-an, spam email merupakan masalah yang serius. Gmail memblokir spam bahkan sebelum sampai ke kotak masuk. Gmail juga menyediakan cara bagi pengguna untuk melaporkan email yang dicurigai sebagai spam dan membantu email menjadi lebih aman.

Tampilan pertama kali Gmail.Tampilan pertama kali Gmail. Foto: Google Indonesia


Seiring berjalannya waktu, dengan meningkatkan kemampuan filter spam Gmail dengan Artificial Intelligence (AI) dan sekarang, AI membantu memblokir hampir 10 juta spam per menit.

Waktu Gmail diluncurkan, belum ada smartphone Android. Seiring dengan meningkatnya penggunaan perangkat seluler, pihaknya mengembangkan Gmail dari hanya untuk desktop menjadi bisa digunakan di ponsel dan tablet, membantu orang-orang bekerja lebih efektif di mana saja dan kapan saja.


Video: Ini Dia Wujud Gmail Pertama Kali Jadi Surat Layanan Elektronik

[Gambas:Video 20detik]



Gmail Masa Depan

Gmail telah banyak berevolusi selama 15 tahun ini. Sejumlah inovasi terus dilakukan oleh salah satu produk dari Google ini

"Pertama, kami akan membuat Gmail lebih proaktif dalam menawarkan bantuan. Anda mungkin sudah menggunakan Smart Compose, fitur berteknologi AI yang membantu Anda menyusun email dengan lebih cepat," kata Holman.

Fitur ini diklaim telah membantu menghemat waktu pengetikan lebih dari 1 miliar karakter per minggunya-ini setara dengan 1,000 jilid buku "Lord of the Rings"

Smart Compose kini juga semakin pintar. Saran yang ditampilkan bagi Anda akan dipersonalisasi, jadi jika Anda lebih suka menyapa dengan "Halo" atau "Hai", Smart Compose akan menyarankannya. Smart Compose juga bisa menyarankan subjek email berdasarkan isinya.




Berikutnya, Anda bisa memutuskan kapan email Anda sampai di kotak masuk penerima. Hari ini, Gmail menambahkan fitur baru yang memungkinkan Anda menjadwalkan pengiriman email pada tanggal atau waktu yang sesuai-misalnya jika Anda bekerja dalam beberapa zona waktu, atau jika Anda tidak mau mengganggu seseorang yang sedang berlibur.

Terakhir, Anda bisa melakukan tindakan tanpa keluar dari kotak masuk. Anda bisa menanggapi untaian komentar di Google Docs, melihat-lihat rekomendasi hotel, dan tindakan-tindakan lain, langsung di dalam email. Jadi, Anda tidak perlu membuka tab atau aplikasi baru.

"Kami memang meluncurkan Gmail pada hari April Mop, namun 15 tahun ini kami isi dengan komitmen yang serius. Kami menantikan 15 tahun berikutnya dengan semangat," ungkapnya.


(agt/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed