Selasa, 26 Mar 2019 11:57 WIB

Telegram Rilis Fitur Hapus Pesan Tanpa Batas

Fino Yurio Kristo - detikInet
Aplikasi Telegram. Foto: Telegram Aplikasi Telegram. Foto: Telegram
Jakarta - Telegram baru saja meluncurkan fitur baru bernama 'Unsend Anything'. Fitur tersebut memudahkan user menghapus semua pesan yang pernah mereka kirim ataupun yang diterima tanpa batasan waktu sama sekali.

Dikutip detikINET dari Mashable, baik pesan antar individu maupun grup dapat dilenyapkan oleh user. Pesan akan hilang baik di perangkat pengguna maupun penerima tanpa jejak apapun.

Lebih unik lagi, pesan yang dikirim oleh orang lain dapat pula dihapus penerima, bukan hanya pesan sendiri. Dan pesan tersebut juga akan hilang di perangkat pengirim. Telegram pun menyatakan kini pengguna memiliki kontrol total terhadap pesan yang mereka kirimkan.




"Bagi kami, data pribadi Anda adalah berharga. Kami tidak pernah menggunakan data Anda untuk iklan. Kami tak pernah memberikannya ke pihak ketiga. Kami menyimpan hanya yang benar-benar penting agar Telegram bekerja," demikian pengumuman Telegram.

"Pesan akan lenyap bagi Anda dan orang lainnya tanpa meninggalkan jejak. Anda juga bisa menghapus seluruh chat privat dari kedua perangkat hanya dengan dua sentuhan," tambah Telegram.

Telegram Rilis Fitur Hapus Pesan Tanpa BatasTelegram rilis fitur hapus pesan tanpa batas. Foto: Telegram

Fitur bersangkutan sudah tersedia di Telegram versi 5.5. Untuk menggunakannya mudah. Pesan yang ingin dihapus cukup ditekan dan muncul pilihan apakah akan menghapus pesan untuk diri sendiri atau juga untuk pesan yang ada di smartphone penerima. Baik pesan diterima atau dikirim orang lain bisa dilenyapkan.

Fitur hapus pesan jarak jauh sebenarnya sudah ada di Telegram sejak 2 tahun silam. Namun ada pembatasan waktu selama 48 jam untuk menghapus dan setelahnya tidak dapat lagi dilakukan. Itu pun pesan yang dapat dihilangkan hanyalah yang dikirim oleh pengguna.






Tonton juga video Pavel Durov Perjuangkan Telegram di Rusia:

[Gambas:Video 20detik]


Telegram Rilis Fitur Hapus Pesan Tanpa Batas
(fyk/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed