Kamis, 21 Mar 2019 10:27 WIB

Fitur VPN di Opera untuk Android Resmi Dirilis

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Fitur VPN di browser Opera untuk Android resmi dirilis. (Foto: Istimewa) Fitur VPN di browser Opera untuk Android resmi dirilis. (Foto: Istimewa)
Jakarta - Belum lama ini Opera menghadirkan fitur VPN untuk browser versi Android dalam tahap beta. Kini fitur tersebut sudah resmi dirilis.

Versi terkini dari Opera Browser untuk Android akan menyertakan built-in VPN yang dapat dinikmati secara gratis oleh penggunanya. Sebelumnya, fitur ini hanya tersedia untuk perambannya pada desktop.

Built-in VPN yang terdapat pada Opera Browser untuk Android menggunakan enkripsi pada 256-bit untuk melindungi data konsumennya. Selain itu, ia juga mengaburkan lokasi sesungguhnya dari user dengan menghubungkannya ke server yang berada di seluruh dunia.

Opera sendiri tidak menyebut secara detail negara mana saja yang bisa dipilih oleh pengguna. Walau demikian, pada versi beta, user bisa memilih sejumlah negara di kawasan Amerika, Eropa, dan Asia, maupun menggunakan opsi pemilihan otomatis.

Lebih lanjut, Opera berjanji untuk tidak ikut campur dengan aktivitas user. Dengan begitu, mereka tidak akan memiliki data apa pun yang berpotensi memungkinkan seseorang dalam mengidentifikasi pengguna berdasarkan aktivitasnya di dunia maya.

Walau demikian, kamu harus bersabar jika sudah ingin menikmati Opera Browser dengan built-in VPN. Hal tersebut lantaran fitur tersebut baru hadir pada Opera Browser versi 51. Sedangkan berdasarkan pantauan detikINET, Opera Browser yang tersedia di Google Play Store Indonesia masih versi 50.3.

[Gambas:Youtube]




(mon/krs)