Rabu, 20 Mar 2019 13:25 WIB

Asyik! Sekarang Bisa Belanja Barang Langsung di Instagram

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Instagram perkenalkan fitur baru yang memungkinkan penggunanya belanja langsung di dalam aplikasi. Foto: Youtube Instagram perkenalkan fitur baru yang memungkinkan penggunanya belanja langsung di dalam aplikasi. Foto: Youtube
Jakarta - Instagram resmi memperkenalkan cara baru dalam belanja online langsung melalui platform tersebut. Kini penggunanya bisa membeli barang tanpa perlu keluar dari aplikasi berbagi foto itu.

Berdasarkan video yang dibagikan Instagram melalui blog resminya, pengalaman berbelanja ini sama sekali tidak melenceng dari bagaimana user biasa memainkan aplikasi ini. Proses berbelanja dimulai dari sebuah unggahan foto pada feed yang dibagikan oleh brand-brand tertentu.




Lalu, pengguna bisa tap foto tersebut, lalu akan muncul detail produk yang dijual. Tap detail produk yang mau dipilih, lalu akan muncul laman dengan keterangan produk, mulai dari harga serta pilihan warna dan ukuran. Tak ketinggalan, ada tombol besar berwarna biru bertuliskan "Checkout on Instagram".

Saat tombol tersebut ditekan, maka pengguna akan dibawa ke laman metode pembayaran, sebagaimana proses berbelanja di e-commerce kebanyakan. Lalu, user tinggal menyelesaikan pembelian dengan menekan tombol biru bertuliskan "Place Order".


Penampilan fitur Chekcout on Instagram.Penampilan fitur Chekcout on Instagram. Foto: Instagram

Nantinya, Instagram akan memberikan push notification langsung ke ponsel untuk memberi tahu proses pengiriman barang. Dari video yang dibagikannya, yang muncul adalah keterangan ketika barang sudah dikirim dan telah sampai.

Sayangnya, fitur ini belum tersedia secara luas. Instagram menyebut fitur ini baru tersedia di Amerika Serikat bagi user biasa.




"Checkout on Instagram saat ini masih merupakan beta terbatas untuk konsumen bisnis dan tersedia bagi orang-orang di Amerika Serikat," tulisnya.

Instagram melanjutkan, ada lebih dari 20 brand ternama yang sudah bekerja sama dengannya untuk mendukung fitur ini. Beberapa di antaranya adalah Adidas, Nike, H&M, Uniqlo, dan Zara.


(mon/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed