Rabu, 13 Mar 2019 07:50 WIB

Selamat Tinggal Google Allo

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: detikINET/Adi Fida Rahman Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Jakarta - Google meluncurkan Allo dan Duo secara bersamaan pada 2016 lalu, namun nasib keduanya ternyata tak sama karena kini Google akan mematikan Allo.

Memang, dari segi jumlah pengguna, Allo kalah jauh dibanding Duo. Di Play Store saja, Allo hanya diunduh sekitar 10 juta kali, sementara Duo tercatat sudah diunduh lebih dari 1 miliar kali.


Dimatikannya Allo ini dilakukan Google setelah sebelumnya mengumumkan rencananya untuk mematikan Hangouts versi konsumen dan mengajak penggunanya untuk pindah ke platform messaging baru yang bernama Chat and Meet.

Jika anda adalah pengguna aktif Allo dan tak ingin kehilangan pesan-pesan yang disimpan di aplikasi tersebut, anda bisa menyelamatkan pesan yang tersimpan itu melalui menu setting, dan mengekspor pesan tersebut ke storage ponsel, begitu juga foto dan video yang sudah tersimpan sebelumnya.


Meskipun Allo dimatikan, Google memindahkan sejumlah fitur andalan yang ada di layanan tersebut, seperti dukungan GIF dan fitur Smart Reply yang dipindahkan ke Messages, alias aplikasi pengiriman pesan bawaan Android.

Google sepertinya kini akan berfokus dalam mengembangkan aplikasi Messages yang digunakan oleh lebih dari 175 juta orang. Aplikasi tersebut akan dikembangkan dari sekadar aplikasi untuk mengirim SMS dan menjadi aplikasi yang memanfaatkan Rich Communication Services (RCS).



Tonton juga video Google Doodle Rayakan Hari Perempuan Sedunia 2019:

[Gambas:Video 20detik]

(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed