Kamis, 07 Mar 2019 11:04 WIB

Tips Memaksimalkan Asisten Google

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Sejak kemunculannya, Google Assistant atau Asisten Google makin canggih. Berbagai fitur ditambahkan sehingga menambah pintar kemampuannya.

Seperti asisten pribadi, Asisten Google bisa membantu mencarikan informasi waktu penerbangan, reservasi restoran, jadwal rapat, menerjemahkan kalimat, membaca berita, memutarkan musik atau video, dan masih banyak lagi.


Namun belum semua pengguna memaksimalkan fitur-fitur ini. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dimaksimalkan dari Asisten Google, seperti dipaparkan Vice President of Product Google Assistant Manuel Bronstein.


Mengoperasikan aplikasi mobile


Ada banyak cara yang bisa Asisten Google bantu melalui aplikasi yang kita gunakan setiap harinya. Misalnya, integrasi dengan Google Maps.

Dengan integrasi ini, pengemudi bisa mendapatkan petunjuk arah dengan mengetikkkan atau berbicara 'arahkan ke Grand Indonesia' misalnya. Maka Asisten Google akan mengoperasikan maps untuk mencarikan jalan menuju tempat yang disebutkan.

Cara yang sama juga bisa dilakukan ketika kita akan menelepon seseorang, atau akan memesan transportasi online.


Mengakses informasi

Dengan begitu banyak situs dan aplikasi mobile yang ada, terkadang kita kesulitan mana yang bisa digunakan dan dipilih.

Nah, Asisten Google akan mengkurasi informasi tersebut atas perintah kita. Misalnya ketika akan memasak pepes ikan, kita bisa bertanya pada Asisten Google 'resep pepes ikan', atau pertanyaan-pertanyaan lain seperti 'berapa kandungan kalori sebuah mangga?', 'referensi taman kecil untuk di rumah' dan lain-lain.

Gunakan Asisten Google lewat 'Messages'

Cukup sentuh dan tahan tombol Home dengan aplikasi 'Messages' yang sedang terbuka di ponsel, Asisten Google akan muncul untuk membantu.

Dalam beberapa bulan ke depan, Asisten Google kian menyempurnakan fungsi ini untuk pengguna berbahasa Indonesia.

Aplikasi 'Messages' akan mulai memberikan saran sehingga kita bisa mendapatkan berbagai informasi dari Asisten Google tentang film, restoran, dan cuaca.

Kamu bisa mulai dengan bicara atau ketik pada Asisten, 'cari restoran burger di sekitar sini', 'kedai kopi dekat sini', atau 'berapa lama durasi Captain Marvel' misalnya.


Menggunakan Suara

Dalam beberapa bahasa, atau pesan teks sederhana, sulit bagi kita untuk mengetiknya. Beberapa kondisi juga tidak memungkinkan kita menggunakan ponsel, contohnya ketika sedang berkendara.

Nah, Asisten Google bisa menolong lewat perintah suara. Dia bisa membantu menerjemahkan ucapan ke teks dengan cara yang terdengar alami.

Asisten Google juga bisa membuatkan jadwal rapat hingga mengingatkan kamu untuk melakukan pekerjaan rutin di rumah. Misalnya, kamu bisa bilang 'ada agenda apa hari ini' atau 'ingatkan untuk buang sampah satu jam lagi'.

Kalau kamu belum menggunakan Asisten Google di ponsel, sekarang bisa mulai dicoba untuk memanfatkannya. Selamat mencoba! (rns/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed