Kamis, 21 Feb 2019 20:04 WIB

Qlue Dapat Penghargaan di Dubai

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Aplikasi smart city Qlue mendapat penghargaan dalam gelaran The 7th World Government Summit yang diselenggarakan di Dubai, Uni Emirat Arab pada 10-12 Februari 2019.

Penghargaan yang mereka dapat adalah Best Mobile Goverment Service di kategori Public Empowerment. Di kategori ini, Qlue mengalahkan lima nominator yang antara lain berasal dari Pakistan dengan aplikasi Pakistan Citizen Portal, dan Amerika Serikat dengan aplikasi NYC 311.

Pemenang kategori ini diberikan kepada pengembang aplikasi inovasi kreatif berbasis telepon selular yang berhasil membantu pemerintah dalam mewujudkan perubahan positif di negara setempat atau bahkan di dunia.

Sebagai informasi, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani pernah mendapatkan penghargaan global sebagai Menteri Terbaik di dunia (Best Minister in the World Award) di perhelatan yang sama tahun 2018 lalu.



Qlue dinilai mampu mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam membantu pemerintah untuk memperbaiki lingkungan sekitarnya. Aplikasi Qlue Smart City merupakan platform berbasis media sosial yang digunakan warga Jakarta untuk menyalurkan pengaduan layanan publik.

Warga dapat menyampaikan segala hal terkait pelayanan publik dengan disertai gambar dan lokasi berbasis geotag. Keberadaan aplikasi ini turut memberikan kontribusi pada akuntabilitas pemerintahan dengan menyelesaikan segala permasalahan yang diadukan. Sepanjang 2018, sebanyak 102.594 laporan disampaikan oleh warga DKI Jakarta melalui aplikasi Qlue dengan lebih dari 82% telah ditindaklanjuti oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada World Government Summit untuk penghargaan yang diberikan kepada Qlue sebagai Best Mobile Government Service kategori Public empowerment. Pencapaian ini merupakan sebuah kebanggaan sekaligus tantangan bagi kami untuk terus berinovasi dengan mengembangkan teknologi Smart City yang dapat membantu masyarakat sesuai dengan misi Qlue," kata Rama Raditya, pendiri sekaligus CEO Qlue dalam keterangan yang diterima detikINET.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PANRB), Syafruddin yang menjadi pemimpin delegasi Indonesia pada World Government Summit, di Dubai, menyampaikan ucapan selamat kepada Qlue.

"Kami mengucapkan selamat kepada Qlue atas keberhasilannya meraih penghargaan dalam World Government Summit untuk kategori Public Empowerment. Semoga penghargaan ini dapat digunakan oleh pemerintah daerah untuk mengatasi isu lingkungan di wilayahnya serta bermanfaat bagi masyarakat luas," ujar Syafruddin di Dubai (12/2).

World Government Summit adalah acara tahunan tingkat internasional yang mempertemukan lebih dari 130 negara di seluruh dunia dan terdiri dari para pemimpin di sektor publik (pemerintah) dan swasta.

Tujuan utamanya adalah mendorong pemerintah untuk memanfaatkan perkembangan inovasi teknologi sehingga mampu mewujudnyatakan perubahan positif bagi masyarakat di seluruh dunia. The World Government Summit turut pula menganugerahkan berbagai penghargaan atau apresiasi melalui GovTech Prize.

Selain itu juga untuk memotivasi lembaga pemerintah, mempromosikan inisiatif serta kemitraan pemerintah yang cerdas dan kreatif sehingga dapat memberikan solusi inovatif dalam menjawab tantangan global. (asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed