Rabu, 13 Feb 2019 16:23 WIB

Pengguna WhatsApp Bakal Bisa Tolak Dimasukkan ke Group

Fino Yurio Kristo - detikInet
Ilustrasi WhatsApp. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Ilustrasi WhatsApp. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Saat ini, pengguna WhatsApp hanya bisa pasrah jika dimasukkan ke grup yang tak mereka inginkan. Memang bisa keluar, tapi kadang ada perasaan tidak enak. Nah, fitur baru dari layanan milik Facebook itu bisa jadi solusinya.

WABetainfo, website yang kerap membocorkan fitur baru WhatsApp, membeberkan bahwa akan ada fitur bernama Group Invitation. Saat ini, fitur tersebut baru ada di WhatsApp Business.



Sederhananya dengan fitur ini, pengguna dapat mengontrol siapa yang dapat mengundang mereka untuk masuk ke sebuah grup. User juga dapat menolak jika akan dimasukkan ke grup yang tak mau diikutinya. Bagaimana caranya?

Nantinya, akan ada pengaturan grup di WhatsApp yang dapat diakses dengan menuju Setting> Account> Privacy> Groups, seperti terlihat di bawah ini.
Pengguna WhatsApp Bakal Bisa Tolak Dimasukkan ke GroupFoto: WABetaInfo

Ketika user menekan Groups, maka dia dapat menentukan siapa yang dapat menambahkan akun mereka ke grup tertentu. Ada 3 pilihan, yaitu setiap orang, kontak, atau tidak seorangpun.
Pengguna WhatsApp Bakal Bisa Tolak Dimasukkan ke GroupFoto: WABetaInfo

Jika memilih setiap orang atau Everyone, maka pengguna akan selalu bisa ditambahkan ke grup apapun, tanpa menerima undangan, seperti yang terjadi selama ini. Apabila memilih kontak atau My Contacs, maka user hanya dapat ditambahkan ke grup oleh kontak di ponselnya.

Nah, seandainya user memilih Nobody atau tak seorangpun, maka dia tidak bisa ditambahkan ke grup apapun oleh siapapun. Dia hanya akan menerima permintaan jika ada yang ingin memasukkannya ke grup, yang bisa ia terima atau tolak.



"Ketika admin tidak bisa menambahkan Anda, chat baru akan diciptakan di mana Anda bisa memilih apakah akan bergabung dengan tombol Accept dan Decline. Anda menerima undangan dalam jangka waktu 72 jam, setelahnya akan kadaluwarsa dan Anda harus menunggu undangan baru," tulis WAbetainfo.

Fitur ini akan segera bisa dijajal dalam versi beta untuk pengguna iOS. Kemudian bakal tersedia baik buat pemakai iOS ataupun Android, meski belum diketahui jadwal pastinya. (fyk/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed