Senin, 04 Feb 2019 20:00 WIB

Fungsi Sidik Jari untuk Kunci WhatsApp Mulai Dijajal

Rachmatunnisa - detikInet
Apikasi WhatsApp. Foto: Getty Images Apikasi WhatsApp. Foto: Getty Images
Jakarta - WhatsApp baru punya update software yang meski kecil, akan berguna mengamankan percakapan dari intaian orang lain, yakni fungsi otentikasi dengan sidik jari.

Sejauh ini, fungsi tersebut masih dalam tahap beta tester dan baru bisa digunakan bersama dengan fitur Touch ID di perangkat iOS.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, kunjungi Settings - Account - Privacy dan aktifkan Screen Lock. Jika Screen Lock sudah diaktifkan, setiap kali akan membuka WhatsApp, aplikasi ini akan meminta Touch ID atau Face ID (otentikasi wajah sudah ada lebih dulu di WhatsApp iOS beta tester).



Jika sudah memberikan salah satu syarat otentikasi (Face ID dengan wajah atau Touch ID dengan sidik jari), baru kemudian kita bisa mengakses WhatsApp.

Bagi yang sering menggunakan WhatsApp, tambahan fitur keamanan ini mungkin akan sedikit mengganggu. Namun sebagian orang mungkin membutuhkannya agar lebih aman.

Ada satu hal lagi yang perlu diketahui, yakni meskipun Screen Lock difungsikan, kita masih bisa melihat notifikasi WhatsApp jika fitur preview pesan diaktifkan.

Selain itu, kita juga masih bisa menggunakan fitur quick reply di dalam iOS tanpa menggunakan Face ID atau Touch ID ketika Screen Lock berfungsi.



Belum diketahui kapan fungsi ini dirilis secara resmi dan diperluas ketersediaannya ke Android, paling tidak WhatsApp beta untuk Android. (rns/fyk)