Senin, 28 Jan 2019 16:02 WIB

Fitur-fitur Andalan Waze yang 'Dibajak' Google Maps

Agus Tri Haryanto - detikInet
Google Maps. Foto: Adi Fida Rahman/detikinet Google Maps. Foto: Adi Fida Rahman/detikinet
Jakarta - Sebagai pemilik layanan, Google dicurigai akan mematikan atau setidaknya meminggirkan Waze yang dibelinya sejak tujuh tahun lalu. Sebab, sejumlah fitur terbaik Waze mulai dipindahkan ke Maps. Apa saja?

Mengenai tampilan, Maps dan Waze memiliki perbedaan yang cukup kentara. Maps hadir dengan kesan 'formal', sedangkan Waze terlihat 'lucu' dengan menampilkan ikon penggunanya, misalnya kucing hingga bunga.



Tapi kalau beralih ke soal fitur, Waze bisa membusungkan dada karena mempunyai kemampuan yang tidak ada di Maps. Nah, Google secara perlahan terus 'membajak' fitur yang ada di Waze untuk disematkan di Maps.

Misalnya, Maps telah menyediakan fitur yang dapat menunjukkan batas kecepatan pengguna di layar navigasinya dan juga memperingatkan kalian bila ada alat pendeteksi kecepatan. Fitur ini sebelumnya sudah ada dan familiar di Waze.

Fitur-fitur Waze yang 'Dibajak' Google MapsFoto: Android Police


Fitur di atas masih dalam uji coba di Maps dan belum seluruh pengguna dapat menjajalnya. Untuk saat ini, fitur cek kecepatan ini baru tersedia di lokasi tertentu di Amerika Serikat.

Tak hanya sampai di situ, Google juga bersiap memperkenalkan fitur laporan yang bisa dimanfaatkan penggunanya bila mendapati insiden di jalanan. Lagi-lagi kemampuan itu terlebih dahulu datang di Waze.

Berdasarkan tangkapan layar pengguna Reddit, dilansir dari BGR, Senin (28/1/2019), terlihat antarmuka Maps terkini, yang memungkinkan user menambahkan laporan tentang kondisi lalu lintas seperti kecelakaan dan kamera pendeteksi kecepatan. Cukup dengan menekan ikon +, lalu tambahkan laporan yang dimaksud.

Fitur-fitur Waze yang 'Dibajak' Google MapsFoto: Android Police


Di Waze, pengguna sudah lama bisa melaporkan kejadian di jalan, mulai terkait lalu lintas, keberadaan polisi, kecelakaan, sesuatu yang berbahaya di jalan, obrolan peta, masalah peta, tempat, bantuan pinggir jalan, kamera, hingga penutupan jalan.



Waze juga dikenal mempunyai suara dari tokoh selebriti maupun bisa diubah dengan memakai suara sendiri. Bahkan untuk ini, Waze menggandeng Dian Sastrowardoyo. Apakah kemampuan itu dilirik juga oleh Maps, Google?



Simak video ' Google Buka Kemungkinan Bakal ''Pensiunkan'' Waze':

[Gambas:Video 20detik]

(agt/fyk)