Rabu, 09 Jan 2019 19:03 WIB

WhatsApp Bisa Makin Aman, Akan Punya Otentikasi Sidik Jari

Rachmatunnisa - detikInet
Ilustrasi WhatsApp. Foto: Irna Prihandini/detikINET Ilustrasi WhatsApp. Foto: Irna Prihandini/detikINET
Jakarta - WhatsApp sedang menggarap mekanisme otentikasi menggunakan sidik jari untuk aplikasi WhatsApp di Android. Ini akan jadi salah satu fitur baru WhatsApp.

Fitur WhatsApp ini pertama kali ditemukan setelah WhatsApp merilis update WhatsApp for Android 2.19.3 untuk Beta Program di Google Play. Metode otentikasi terbaru ini akan memanfaatkan aplikasi pengunci perangkat pihak ketiga yang cukup populer bernama redundant.




Nantinya, WhatsApp akan menambahkan section baru di aplikasinya yang memberikan opsi mengaktifkan fitur fingerprint.

Ketika fitur ini tersedia untuk semua pengguna, mereka harus membuktikan identitas mereka setiap kali membuka aplikasi WhatsApp.

Dengan demikian, mekanisme otentikasi sidik jari ini akan menambah lapisan keamanan bagi pengguna WhatsApp. Fitur ini juga rencananya akan hadir di WhatsApp untuk iOS.

Dikutip detikINET dari WABetaInfo, Rabu (9/1/2018), sejauh ini fitur tersebut masih dalam progres dan perlu pengembangan lebih lanjut.




Sebelumnya, WhatsApp pernah mengembangkan fungsi serupa, yakni mekanisme otentikasi Face ID dan Touch ID untuk WhatsApp di iOS. Sayangnya, mekanisme ini pada akhirnya tak bisa berfungsi.


(rns/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed