Selasa, 08 Jan 2019 19:07 WIB

Bocoran Fitur-fitur Baru WhatsApp yang Segera Meluncur

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sejumlah fitur baru WhatsApp sedang diuji coba dan akan segera meluncur. (Foto: Carl Court/Getty Images) Sejumlah fitur baru WhatsApp sedang diuji coba dan akan segera meluncur. (Foto: Carl Court/Getty Images)
Jakarta - WhatsApp sepertinya memiliki segudang fitur baru yang sedang diuji coba. Salah satunya fitur baru WhatsApp itu adalah kemampuan pengguna menambahkan stiker di foto, video, dan GIF.

WABetaInfo memang rutin mengungkap hal-hal baru yang terkait dengan WhatsApp. Fitur-fitur ini sendiri sedang dalam uji coba tahap beta untuk WhatsApp versi iOS, tepatnya dalam update 2.19.10.




WABetaInfo pun memberi bocoran fitur-fitur lain yang akan hadir di WhatsApp versi selanjutnya. Bocoran tersebut antara lain fitur untuk membalas pesan di grup secara privat, mengintip status dengan 3D Touch, dan grouped stickers management.

Reply Privately

Fitur ini sebelumnya telah diumumkan oleh WhatsApp untuk versi Android yang muncul di beta update 2.18.335. Fitur ini juga sebenarnya telah tersedia untuk pengguna WhatsApp di iOS yang ingin membalas pesan kepada grup yang ia sudah bukan anggota lagi.

Tapi, kini WhatsApp memperluas fitur ini dan memungkinkan semua anggota grup untuk menggunakannya. Ketika menggunakan opsi ini untuk membalas pesan, WhatsApp akan secara otomatis membuka chat dengan pengirim yang langsung mengutip pesan yang dimaksud.




Cara menggunakannya pun serupa dengan membalas pesan biasa. Cukup tekan dan tahan pesan yang diterima di grup, dan kemudian pilih opsi 'Reply Privately. Jika tidak terlihat, coba pilih opsi 'More' terlebih dahulu.

Pengguna WhatsApp nantinya bisa membalas pesan di grup secara pribadi lewat Reply PrivatelyPengguna WhatsApp nantinya bisa membalas pesan di grup secara pribadi lewat Reply Privately Foto: WABetaInfo


3D Touch Action

Fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk mengintip status teman atau keluarga, jika smartphone yang digunakan memiliki teknologi 3D Touch. Selain itu, ada juga pilihan untuk mute atau mendiamkan status yang sudah kalian intip.

Kalau kalian mengintip status ini, WhatsApp tidak akan memperlihatkan read receipt. Jadi dengan trik ini, kalian bisa mengintip status pertama secara diam-diam tanpa notifikasi!

Bocoran Fitur-fitur Baru WhatsApp yang Akan Segera MeluncurFoto: WABetaInfo


Pengaturan stiker

Sejak fitur stiker di WhatsApp diluncurkan, kalau kalian mengirimkan dua stiker dalam satu chat akan langsung dikumpulkan dalam satu baris. Kini, dengan update minor kalian bisa mengatur stiker dalam baris tersebut.




Sekarang kalian bisa melihat 'Message Info' untuk tiap stiker yang dikirim ketika stiker tersebut dikelompokkan dengan stiker lainnya. Selain lewat opsi tekan dan tahan, info ini juga bisa dilihat dengan swipe ke kiri di stiker yang dimaksud.

Info dari tiap stiker kini bisa dilihat di versi baruInfo dari tiap stiker kini bisa dilihat di versi baru Foto: WABetaInfo


Selain itu, kalian juga bisa meneruskan atau menghapus salah satu stiker, tanpa mengikutkan stiker yang lainnya. Di versi sebelumnya, kalian hanya bisa meneruskan atau menghapus keduanya sekaligus, tidak bisa secara terpisah.

Tiap stiker dalam kelompok juga bisa diteruskan secara terpisahTiap stiker dalam kelompok juga bisa diteruskan secara terpisah Foto: WABetaInfo
(vim/krs)