Sabtu, 05 Jan 2019 15:58 WIB

Diam-diam Tik Tok Punya Aplikasi Baru

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Aplikasi utama Tik Tok akan ditemani aplikasi baru bernama Tik Tok Lite. Foto: shutterstock Aplikasi utama Tik Tok akan ditemani aplikasi baru bernama Tik Tok Lite. Foto: shutterstock
Jakarta - Sepanjang 2018, Tik Tok telah menjadi fenomena di Indonesia dan beberapa negara Asia lainnya. Tak mengherankan jika induknya, Bytedance, menggabungkannya dengan sesama platform berbasis video pendek, Musical.ly, pada tahun lalu.

Tak lama setelah merger tersebut, ternyata Tik Tok diam-diam merilis aplikasi baru. Tik Tok Lite menjadi aplikasi yang dimaksud.


Sesuai namanya, Tik Tok Lite memiliki ukuran yang lebih kecil, hanya belasan megabyte. Sedangkan aplikasi utama Tik Tok berukuran lebih dari 70 MB.

Tik Tok Lite sendiri pertama kali diluncurkan pada 6 Agustus 2018 lalu di Thailand, dan kini sudah tersedia di kawasan lain seperti Indonesia, Vietnam, Malaysia, Philipina, India, serta 15 negara lainnya di luar Asia. Secara keseluruhan, Tik Tok Lite sudah mengumpulkan lebih dari 12 juta download.

Walau sudah lumayan, namun angka tersebut masih sangat kecil jika dibandingkan dengan jumlah download yang berhasil dikumpulkan aplikasi utama Tik Tok. Ia sudah diunduh sebanyak 887 juta kali di Google Play Store, sebagaimana detikINET kutip dari Tech Crunch, Sabtu (5/1/2018).


Angka tersebut bahkan belum termasuk jumlah download yang didapat Douyin, nama yang diusungnya di China. Itu berarti, bisa saja jumlah keseluruhan download yang didapat Tik Tok sudah mencapai angka 1 miliar.

Meski demikian, masih ada waktu bagi Tik Tok Lite untuk tumbuh. Tengok saja Facebook Lite, yang dalam waktu kurang dari dua tahun sudah mendapat 200 juta pengguna. Selain itu, Messenger Lite juga mampu mengoleksi lebih dari 100 juta download di Play Store. (mon/mon)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed