Jumat, 30 Nov 2018 11:10 WIB

Apple Bersih-bersih App Store di China

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: internet Foto: internet
Jakarta - Apple menghapus ratusan aplikasi iPhone dari App Store-nya di China karena melanggar aturan-aturan yang ditetapkan oleh perusahaan asal Cupertino, Amerika Serikat tersebut.

Tercatat ada lebih dari 700 aplikasi yang dihapus dari App Store China tersebut. Aplikasi tersebut antara lain adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Sogou, alternatif Google di China, dan Pinduodo, sebuah aplikasi peritel online.

Aplikasi-aplikasi tersebut dihapus karena melanggar aturan App Store yang melarang pembuat aplikasi untuk memberikan pembaruan tanpa seizin Apple, demikian dikutip detikINET dari Telegraph, Jumat (30/11/2018).

Dalam aturan App Store yang ditetapkan Apple, pembaruan aplikasi seperti fitur baru atau peningkatan keamanan, hanya bisa diunduh melalui App Store alias harus mendapat persetujuan Apple terlebih dahulu.




Apple sebenarnya sudah pernah memperingatkan para developer mengenai aturan ini dua tahun lalu. Namun ternyata masih ada yang melanggar aturan tersebut.

Ini adalah percobaan terbaru Apple untuk memperketat kontrolnya di App Store China, yang merupakan pasar aplikasi dengan pemasukan terbesar Apple. Sebelumnya pada Agustus lalu Apple pun menghapus ribuan aplikasi dari App Store China, termasuk aplikasi perjudian yang jelas melanggar aturan mereka.

Media pemerintah China sebelumnya pernah memperingatkan Apple agar lebih ketat dalam mengontrol App Storenya di China, yang merupakan satu-satunya app store asing yang ada di China. (asj/krs)