Koperasi Simpan Pinjam Ini Ikutan Tren Digital

Koperasi Simpan Pinjam Ini Ikutan Tren Digital

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 18 Nov 2018 16:32 WIB
Foto: Dok. Kospin Pracico
Jakarta - Menyadari pentingnya teknologi untuk kemajuan koperasi, Kospin Pracico (Koperasi Simpan Pinjam Pracico Inti Sejahtera dan Koperasi Simpan Pinjam & Pembiayaan Syariah Pracico Inti Utama) meluncurkan Pracico Privilege.

Pracico Privilege merupakan kartu keanggotaan (membership card) yang diimplementasikan dalam bentuk aplikasi.

Menurut Tedy Agustiansjah, Chairman MIS Group, aplikasi Membership Pracico Privilege dirancang berbasis Android dan IOS. Nantinya anggota koperasi dapat menikmati berbagai penawaran yang diberikan Pracico Privilege dalam nuansa kemewahan di merchant-merchant rekanan.

"Salah satu layanan eksklusif yang diberikan Pracico Privilege, yaitu free entry airport lounge serta merchant lainnya yang bekerja sama dengan Pracico," kata Tedy dalam keterangan yang diterima detikINET.

"Khusus untuk Silver dan Gold bisa digunakan di sejumlah bandara di Indonesia, sedangkan Platinum bisa digunakan untuk sejumlah bandara di Indonesia dan Singapura," tuturnya.

Aplikasi Pracico Privilege dirancang user friendly alias tidak merepotkan, ketika transaksi hanya butuh sahcan QR Code. Selain itu, kegunaan lain Pracico Privilege atau kartu digital ini untuk memberikan informasi tentang produk, merchant, notifikasi, dan data profile keanggotaan.

Selain itu dalam aplikasi membership Pracico juga sudah tersedia e-card (kartu digital) sebagai identitas kategori member. Termasuk informasi tentang produk Pracico juga tersedia pada aplikasi sehingga member dapat melihat update produk Pracico terbaru.

Menanggapi kehadiran Pracico Privilege, Meliadi Sembiring, Sesmenkop UKM menyebut di era lnternet of Things (IoT) semua serba menggunakan internet. Sesuai himbauan pemerintah, koperasi juga harus beradaptasi dan bergerak cepat di era digital.

Peran koperasi dianggap tetap vital sebagai soko guru perekonomian nasional, sehingga harus dikelola dengan baik, dan mengikuti perkembangan teknologi, koperasi akan menjadi semakin kuat, dan besar sehingga bisa menopang pertumbuhan ekonomi nasional semakin baik. (asj/asj)