Senin, 19 Nov 2018 06:00 WIB

Apple Hapus Aplikasi Stiker WhatsApp dari App Store?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Stiker di WhatsApp.  Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Stiker di WhatsApp. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Baru beberapa minggu diluncurkan, fitur stiker di WhatsApp langsung populer di kalangan pengguna. Tidak berapa lama setelah dirilis, Google Play Store dan Apple App Store pun dibanjiri dengan aplikasi stiker WhatsApp.

Namun sepertinya pengguna WhatsApp di platform iOS harus menahan diri untuk tidak mengunduh stiker baru. Menurut akun Twitter @WABetaInfo, seperti dilansir detikINET dari BGR, Senin (19/11/2018) Apple telah menghapus semua aplikasi stiker WhatsApp di App Store.


Apple sendiri memberikan tiga alasan mengapa aplikasi-aplikasi tersebut melanggar aturannya dan dihapus dari platform-nya. Pertama, karena terlalu banyak aplikasi dengan perilaku yang serupa.


Kedua, karena aplikasi stiker tersebut membutuhkan aplikasi WhatsApp untuk bisa diunduh dan digunakan. Sedangkan menurut Apple, aplikasi tidak boleh membutuhkan aplikasi lain untuk berjalan. Terakhir, menurut Apple semua aplikasi ini memiliki desain yang sama.


Karena Apple tidak ingin App Store dibanjiri dengan banyak aplikasi dengan kegunaan yang sama, mereka juga tidak akan menerima pengajuan dari aplikasi stiker baru.

Cara WhatsApp yang menyediakan pak stikernya lewat App Store dan Play Store memang berbeda dengan kompetitornya. Contohnya Telegram dan Line yang menyediakan pak stiker di platform mereka sendiri sehingga tidak perlu mengunduh aplikasi tersendiri.


Saksikan video 20Detik untuk mengetahui benarkah Apple menghapus aplikasi stiker WhatsApp di sini:

[Gambas:Video 20detik]

(vim/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed