Selasa, 23 Okt 2018 11:27 WIB

Aplikasi Google Ini Sedot Kuota Bergiga-giga

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Sejumlah pengguna aplikasi Google News for Android melaporkan penggunaan data yang sangat besar dari aplikasi tersebut.

Berdasarkan belasan laporan yang muncul di Google News Help Forum, ternyata pengguna sudah mengalami anomali ini sejak Juni lalu. Pihak Google News menyebut sudah mengetahui dan memverifikasi masalah ini saat itu, dan mengaku tengah memperbaikinya, namun sampai saat ini masalahnya masih terjadi.

Dikutip dari The Verge, Selasa (23/10/2018), seorang bernama Zach Dowdle menceritakan pengalamannya dalam menggunakan Google News, berikut sejumlah screenshot dari aplikasi dan penggunaan data WiFi-nya.


"Aplikasi Google News secara acak menyedot jumlah data di background dengan jumlah yang sangat besar tanpa sepengetahuan pengguna. Aplikasi ini menyedot data sebesar 12 GB dari ponselku selama saya tidur dan tak terhubung dengan WiFi. hal ini membuat tagihan kelebihan penggunaan sebesar USD 75," tulis Dowdle.

Hal senada juga diungkap oleh sejumlah pengguna lain, yang menyebut aplikasi ini menyedot kuota data seluler meskipun opsi 'Download via WiFi' sudah dinyalakan. Dalam sejumlah kasus yang ekstrim, aplikasi tersebut menyedot sampai dengan data sebesar 24 GB.




Tonton juga 'Ponsel Android yang Dijual di Eropa Akan Dipungut Biaya Rp 600 Ribu':

[Gambas:Video 20detik]

(asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed