Rabu, 26 Sep 2018 09:12 WIB

Google Resmi Perkenalkan Fitur Stories ala Instagram

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Foto: Google Foto: Google
Jakarta - Setelah nama-nama besar seperti Snapchat, Facebook, Instagram, dan WhatsApp, kini giliran Google yang resmi memperkenalkan fitur stories.

Awal tahun ini, Google mengumumkan bahwa pihaknya tengah menggarap fitur stories bersama AMP Project, open source yang diperkenalkannya pada 2015 lalu. Selang beberapa bulan, raksasa teknologi tersebut akhirnya resmi memperkenalkan fitur yang sebelumnya sudah diusung oleh Snapchat dan Instagram itu.



Mereka akan mulai menggunakan kecerdasan buatan untuk membuat stories dan menampilkannya di hasil pencarian. Untuk saat ini, stories yang muncul berkaitan dengan informasi mengenai orang-orang terkenal seperti selebritis dan atlet.

Nantinya, fitur tersebut akan menampilkan sedikit fakta menarik serta momen-momen penting dalam hidup mereka. Seperti di kebanyakan media sosial lainnya, user juga cukup mengetuk layar ponsel untuk beralih ke halaman stories berikutnya.

Google Resmi Perkenalkan Fitur Stories ala InstagramFoto: Google

Untuk saat ini, stories akan muncul dalam hasil pencarian di Google Search dan Google News. Nantinya, perusahaan teknologi pimpinan Sundar Pichai itu juga akan membawa fitur tersebut pada Google Images dan Google Discover.

Tujuan Google sendiri dalam memperkenalkan AMP Project adalah untuk mengurangi waktu loading atau pemuatan tampilan website di perangkat mobile. Fitur stories ini pun jadi salah satu caranya dalam menerapkan hal tersebut.



Sebagaimana tercantum pada blog resminya, itu bukan satu-satunya pengumuman yang dilakukan oleh Google. Mereka juga melakukan pembaruan lain pada hasil pencariannya di perangkat mobile.

Salah satunya adalah munculnya bar featured videos. Sebagaimana namanya, bar tersebut akan menampilkan video-video yang berkaitan dengan kata yang dicari oleh user.

Google Resmi Perkenalkan Fitur Stories ala InstagramFoto: Google


Preview dari ideo tersebut pun akan tampil secara otomatis di halaman pencarian. Dalam blog resminya, mereka mengambil contoh hasil pencarian dari Zion National Park, tempat hiking yang berada di Utah, Amerika Serikat.

Selain itu, perusahaan teknologi besutan Larry Page dan Sergey Brin itu juga melakukan optimalisasi terhadap Google Lens di Google Images. Dengan begitu, hasil pencariannya akan semakin akurat dan berkaitan dengan gambar yang diinginkan.

Google Resmi Perkenalkan Fitur Stories ala InstagramFoto: undefined


Meski demikian, ketika detikINET mencoba untuk melihat langsung pembaruan tersebut, fitur-fitur yang disebutkan di atas masih belum tampak. Hal tersebut berlaku saat mencoba masuk lewat aplikasi Google maupun Chrome. Versi dari kedua aplikasi itu pun sudah yang terbaru.

Mungkin masih butuh waktu sampai Google benar-benar bisa menerapkan fitur-fitur tersebut secara menyeluruh. Sebelumnya, pembaruan tampilan di Google Search dan Google Maps pun juga butuh waktu untuk sampai secara merata ke tiap user.



Mirip Instagram, Google Kenalkan Fitur Stories, tonton videonya di sini:

[Gambas:Video 20detik]

(mon/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed