Rabu, 26 Sep 2018 07:41 WIB

macOS Mojave Dirilis, Ini Cara Instalnya!

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Apple Foto: Apple
Jakarta - Setelah iOS 12, Apple merilis versi final macOS 10.14 Mojave. Bagaimana menginstalnya?

macOS 10.14 Mojave diperkenalkan pada ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) pada Juni lalu. Kode Mojave sendiri dimabil nama gurun yang gurun yang berada di bagian California Selatan dan bagian kecil California Utara, Utah Barat Daya, Nevada Selatan, dan Arizona Barat Laut.

Pemilihan Mojave sendiri bukan tanpa sebab, Apple SVP of Software Engineering Craig Federighi mengungkapnya. "Saat malam Mojave sangat indah. Ini yang menginspirasi fitur baru kami," ujarnya.


Untuk mencicipi keindahan tersebut cukup mudah. Apa lagi bagi kamu yang telah menggunakan macOS El Capitan, hanya tinggal satu klik saja.

Langkah pertama, pastikan perangkat kamu mendukung macOS Mojave. Adapun perangkat tersebut meliputi:

- MacBook (Early 2015 or newer)
- MacBook Air (Mid 2012 or newer)
- MacBook Pro (Mid 2012 or newer)
- Mac mini (Late 2012 or newer)
- iMac (Late 2012 or newer)
- iMac Pro (2017)
- Mac Pro (Late 2013, plus mid-2010 and mid-2012 models with Metal-capable GPU)

Langkah kedua lakukan backup. Sebelum mengunduh macOS Mojave, sangat disarankan untuk membackup data. Salah satu yang disarankan membackup menggunakan Time Machine.

macOS Mojave Dirilis, Ini Cara Instalnya!Dark Mode di macOS Mojave. Foto: Apple


Langkah ketika mendownload dan install macOS Mojave. Apple membuat cara mendownload dan menginstal sistem operasinya dengan mudah. Jika perangkat Mac sudah menjalankan El Capitan, Sierra dan High Sierra, berikyt cara mendownloanya:
- Klik ikon Apple di sudut kiri atas
- Klik App Store
- Klik Featured
- Klik macOS Mojave di Mac App Store
- Klik Download dibawah ikon macOS Mojave
- Klik Install

Jika kamu tidak menemukan macOS Mojave di bagian featured Mac App Store, coba mengetik di kolom pencarian dengan kata kunci Mojave. Atau bisa mengunji langsung situs resminya di sini.

Setelah menginstal macOS Mojave, kita bisa menikmati sejumlah fitur baru yang diberikan Apple. Ada Dark Mode, ketika diaktifkan semua tampilan macOS akan berubah menjadi gelap, mulai dari dock, task bar hingga chrome di bagian aplikasi. Tampilan ini jelas memberikan kenyaman saat digunakan ketika malam hari.

Tampilan baru App Store di macOS Mojave.Tampilan baru App Store di macOS Mojave. Foto: Apple


Apple pun turut memperbarui tampilan Mac App Store. Perubahan yang hadir mirip App Store di iOS. Lebih segar dan makin memudah mengekplorasi aplikasi.

Perusahaan yang dipimpin Tim Cook itu turut memberikan aplikasi Apple News, Voice Memos, Home dan Stocks. Ada pula Stacks, merupakanc ara baru untuk membersihkan desktop yang berantakan. Akan ada folder yang didedikasikan berdasarkan tipe file dan secara otomatis mengumpulkannya.



Fitur keamanan juga ditonjolkan dalam pembaruan macOS Mojave. Pengguna makin mudah mengontrol aplikasi apa yang boleh mengakses informasi dan hardware. Safari kini dibekali kemampuan untuk memblokir media sosial melacak pengguna.

Fitur Finder diberikan Galery View yang memungkinkan men-scroll preview file. Tidak ketinggalan dan tak kalah menariknya Dynamic Desktop. Fitur ini menghadirkan live wallpaper di perangkat Mac. (afr/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed